-->

Kamis, 15 Desember 2011

Mengaktifkan Tampilan Facebook Timeline

author photo
Assalamu’alaikum :)
Facebook sekarang sedang gencar-gencarnya memberikan fasilitas-fasilitas baru seperti Ticker , News Feed baru, dll.. Inovasi terbaru dari Facebook sekarang adalah Facebook Timeline.
Ringkasnya, Facebook Timeline ini berfungsi sebagai garis waktu / aktifitas kita selama berada di Facebook. Misalnya untuk melihat Status kita pada tahun 2010 atau bahkan 2009, pasti akan lama sekali untuk mencarinya bukan? DenganFacebook Timeline ini bisa hanya dengan sekali klik. Penasaran sama tampilannya? Lihat Gambar di bawah ini :
Nah, terlihat jelas kan? kalo ga jelas di klik aja untuk memperbesar. Keterangan gambar :
  1. Cover , nah ini yang paling menarik. Jadi setiap kali orang visit ke profile saya pasti akan melihat gambar AbangFadli.com tersebut, ini adalah cara yang tepat untuk promosi blog :D
  2. TimeLine di situ ada “Now, September, August, July, 2011, 2010″. Jika kita klik salah satu dari itu maka akan menampilkan seluruh postingan/status kita pada waktu tersebut, termasuk foto, berteman dengan siapa, wall dari orang lain. Bahkan kamu bisa menambah foto ketika kamu lahir.
  3. Panel Informasi (Sebutan saya sendiri haha) disitu disediakan Profile Picture, Informasi diri, Jumlah teman, Foto, Peta yang telah dikunjungi, Likes dll..
  4. Tempat Update status dan detail tentang status itu sendiri ada di no.4 , lihat di sebelah kiri ada tempat update status, seperti biasa ada Status, Photo, Place, Tapi ada beberapa Icon disamping itu. Icon-icon tersebut adalah icon pencapaian / kejadian di dalam hidup kita, jadi kita bisa menambahkan informasi seperti “Pindah rumah, beli mobil baru, baru kecelakaan terus patah tulang, dan masih banyak yang lainnya.”Dan postingan semua tentang kamu di Timeline bisa kamu jadikan Featured/faforit.

Nah, penasaran kan? Pingin nyobain ? Pergi aja ke http://www.facebook.com/about/timeline lalu klik Sign Me Up! dan lihat apa yang dikatakan Facebook untuk sekarang :p
 Timeline is coming soon ! We will let you know as soon as it’s ready
Nah, jadi intinya layanan Facebook Timeline ini belum tersedia secara umum.. Jadi postingnya nanti saja kalo udah tersedia :p

.
Eits…, Tapi tunggu dulu, sebenarnya sudah tersedia KALAU kita adalah seorang developer dan sudah mengaktifkan fitur Open Graph. Maksud dari seorang developer adalah kita sudah mempunyai Aplikasi Facebook sendiri. Hanya dengan 7 langkah, tidak memakan waktu 5 menit (tergantung kecepatan modem juga haha)
OK, untuk memulainya silahkan buka halaman ini :
(Disini saya menggunkan Facebook Bahasa Inggris, jadi ganti dulu bahasanya biar ga kesulitan)
https://developers.facebook.com/apps
  1. Ketika akan buka link diatas maka kita akan dimintai persetujuan, pilih tulisan Allow.
  2. Akan terbuka halaman baru, klik Create New App dan isi kedua kolomnya. Untuk yang kolom pertama adalah nama Aplikasinya dan yang kedua adalah username aplikasinya (Ga boleh huruf besar dan ga boleh pake spasi)
  3. Isi Capthca kalau diminta dan lanjutkan.
  4. Klik di Open Graph  di sebelah kanan dan masukkan aksi apa yang bisa dilakukan orang lain dalam aplikasi kita. Misal Read a/an Article. Lalu klik Get Started.
  5. Kalo udah pasti akan dikasih gambar seperti ini, kalau udah dapet gambar dibawah berarti udah selesai dan anda berhasil :)
  6. Nah langsung aja buka Home kamu. Dan lihat tunggu sampai loading selesai maka akan ada penawaran seperti gambar di bawah, pilih Get It Now.
  7. Anda akan langsung dilempar keluar jendela !! eh salah, dilempar ke halaman Profile Facebook anda yang baru ! Selamat ! Jangan lupa langkah terakhir untuk meng-klik Publish Now :)

Nah, udah selesai !! Kamu bisa melihat Timeline kamu, tapi kalo kamu lihat profile temen kamu yang belum mengaktifkan Timeline maka kamu akan lihat profil lamanya, sebaliknya.. temen kamu yang belum mengaktifkan Timeline, kalo lihat profilmu akan tetep lihat profilmu versi lama. Maka ajak temen2 untuk pake Timeline dengan Share Article ini, copy linknya dan sebarkan di Facebook dan Twitter ! :)
Wassalamu’alaikum, AFB :kr

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post