-->

Kamis, 29 Desember 2011

Para Raja dan Ratu di Dunia

author photo

Meski dunia mengalami banyak mengalami perubahan secara politis dan cenderung mengadopsi pemerintahan demokratis, masih ada banyak negara yang mempertahankan sistem monarki-nya (kerajaan). Ada yang secara konstitusi gelarnya hanya bersifat ceremonial atau simbol saja, ada yang memiliki kekuasaan terbatas, dan ada pula yang masih benar-benar memiliki kekuasaan (power) sebagai pemimpin pemerintahan.
1.Kaisar Jepang: Akihito
Kaisar Akihito adalah kaisar Jepang ke-125. Kekuasaannya saat ini hanya bersifat seremonial saja. Kaisar di Jepang dianggap sebagai kepanjangan tangan dari Dewa.

Quote:
Istana Imperial di Tokyo adalah kediaman resmi dari kaisar Jepang dan hanya dibuka untuk umum 2 kali setahun – 2 Januari, saat pidato menyambut Tahun Baru, dan 23 Desember, hari ulang tahunnya.
Quote:
Quote:
2.Raja Thailand: Bhumibol Adulyadej.
Raja Bhumibol, raja Thailand berusia 80 tahun, kekayaannya ditaksir 35 miliar dollar US. Dia tercatat sebagai raja yang paling lama memerintah dalam sejarah Thailand. Dia menggunakan kekayaannya dalam proyek-proyek pembangunan pedesaan di negeri ini. Raja ini memegang rekor karena memiliki gelar kehormatan dari universitas terbanyak di dunia (136 gelar).

Quote:
Istana raja Thailand di Bangkok yang dibangun pada tahun 1782. Bangunan-bangunan istana ini terletak di tepian sungai Chao Phraya River dengan luas total 218.400 meter persegi. Istana ini juga memiliki candi Budha di dalamnya. Untuk memasukinya, anda harus mengikuti berbagai aturan termasuk memakai pakaian khusus kerajaan.
Quote:
Quote:
3. Raja Kamboja : Norodom Sihamoni.
Norodom Sihamoni adalah raja Kamboja yang di bawah konstitusi sekarang ini sudah tidak memiliki kekuasaan.

Quote:
Istana kerajaan, kediaman raja, terletak di Phnom Penh. Istana ini dibangun lebih dari seabad yang lampau dan selalu digunakan untuk acara-acara kenegaraan penting. Tamu negara juga diijinkan menginap di sini.
Quote:
Quote:
4. Raja Bhutan: Jigme Khesar Namgyel Wangchuk (The Dragon)
Jigme Khesar Namgyel Wangchuk adalah raja dari sebuah kerajaan terpencil di pegunungan Himalaya, Bhutan. Usianya baru 28 tahun, sarjana lulusan Oxford ini adalah raja termuda di dunia yang masih memerintah.

Quote:
Istana Tashichoedzong, tempat tinggal Raja Buthan yang sekaligus sebagai pusat pemerintahan dan juga rumah ibadat bagi biarawan. Istana ini terbuka untuk umum selama berlangsungnya festival, weekend, dan setelah jam kerja.
Quote:
Quote:

Duli Yang Maha Mulia Al Wathiqu Billah, Al-Sultan Mizan Zainal Abidin Ibni Almarhum Al-Sultan Mahmud Al-Muktafi Billah Shah Al-Haj (tengah)
5. Raja Malaysia : Yang di-Pertuan Agong Mizan Zainal Abidin.
Sultan Trengganu adalah penguasa Malaysia termuda. Ada 6 Sultan di Malaysia, salah satunya adalah Sultan Trengganu ini, yang kemudian terpilih sebagai Raja Malaysia. Dia merupakan kepala konstitusional di negaranya.

Quote:
Istana Negara , kediaman resmi Sultan Trengganu di Kuala Lumpur, luasnya 28 acres di dekat sungai Klang.
Quote:
Quote:
6. Sultan Brunei: Haji Hassanal Bolkiah.
Sultan Brunei berusia 62 tahun . Ia mewarisi dinasti kerajaan muslim berusia 600 tahun dan saat ini memiliki aset bersih senilai 20 miliar dollar AS. Dia mengoleksi 3.000 hingga 6.000 mobil mewah di garasi istananya, istana Nurul Iman, yang merupakan kediaman resminya.

Quote:
IstanaNurul Iman, istana Sultan Brunei, merupakan istana terbesar di dunia, jauh lebih besar dari istana Vatikan sekalipun. Ketika dibangun, istana ini menghabiskan biaya sebesar 350 juta dollar. Memiliki 1.788 kamar, 257 kamar mandi, dan total luasnya mencapai 2.152.782 feet persegi.
Quote:
Quote:
7. Ratu Inggris: Elizabeth II
Ratu Elizabeth II pada usianya yang 82 tahun adalah penguasa tertua dalam sejarah Inggris. Kekayaannya ditaksir sebesar 650 juta dollar AS. Dia berencana untuk memegang tampuk tahta Inggris sampai secara fisik sudah tidak mampu lagi.

Quote:
IstanaBuckingham, istana Ratu Inggris. Memiliki 775 kamar dan biasanya terbuka untuk publik.

8. Ratu Belanda: Beatrix Wilhelmina Armgard
Ratu Beatrix Armgard memiliki aset yang ditaksir sebesar 300 juta US dollar. Rumor yang beredar menyebutkan bahwa Ratu Beatrix akan segera turun tahta dan memberi kesempatan pada putra tertuanya untuk menggantikannya. Ini akan membuat putranya tersebut menjadi (laki-laki) pertama setelah lebih dari seabad untuk menjadi pemimpin negeri kumpeni bekas penjajah itu.

Quote:
IstanaHuisten Bosch, kediaman resmi Ratu Belanda
Quote:
Quote:
9. Raja Belgia: Albert II
Albert, raja Belgia, merupakan kepala negara yang sesungguhnya tidak mempunyai kekuasaan. Hanya sebagai simbol pemersatu negeri. Dia juga bertugas mengangkat anggota kabinet setelah pemilu.

Quote:
Istana raja Belgia, istana Palais, berlokasi di Brussel. Istana raja ini bergaya arsitektural neo-klasik yang sangat megah dan dibuka untuk publik di musim panas. Raja Belgia, Albert II, lebih memilih untuk tinggal di Chateau de Laeken.
Quote:
Quote:
10. Ratu Denmark: Margaret II
Ratu Denmark, Margareth II, adalah juga seorang pelukis besar. Dia dikenal sebagai pecandu tembakau. Ratu ini memiliki beberapa istana.

Quote:
Istana musim dingin Ratu Denmark, Amalienborg, kediaman Ratu di saat musim dingin. Pada saat musim panas ratu berdiam di istana Marselisborg (atau di istana Graasten atau di sebuah yacht kerajaan), dan saat musim gugur dan musim semi ratu betrdiam di istana Fredensborg.
Quote:
Quote:
11. The Grand Duke Luxemburg: Henri
The Grand Duke, Henri, adalah kepala negaraLuxemburg. Dikenal sebagai orang yang anti-euthanasia. Yang menarik dia juga duduk sebagai anggota Komite Olimpiade Internasional.

Quote:
IstanaGrand Ducal yang megah, tempat tinggal Henri, berlokasi di tengah kota. Dibangun tahun 1572 untuk Balai Kota, dan menjadi istana yang sangat bersejarah.
Quote:
Quote:
12. Raja Norwegia: Harald V
Raja Norwegia, Harald V adalah raja Norwegia yang sesungguhnya tidak punya kekuasaan (power) lagi, hanya kekuasaan ceremonial saja.

Quote:
Istana kerajaan di Oslo, tempat tinggal Raja Norwegia yang dibangun di pertengahan abad 19.
Quote:
Quote:
13. Raja Swedia: Carl XIV Gustaf
Raja Carl XVI Gustaf adalah raja ke 7 dalam dinasti Bernadotte di Swedia.

Quote:
Istana rajaStockholm adalah kediaman resmi raja Carl Gustaf. Istana raja memiliki 609 kamar dan merupakan juga salah satu yang terbesar. Namun tempat tinggal pribadi keluarga kerajaan adalah di istana Drottningholm
Quote:
Quote:
14. Raja Monaco: Alber II
Raja Monaco,Albert II, berusia 50 tahun, merupakan penerus kerajaan kecil Monaco. Kekayaan bersihnya 1,4 miliar dollar AS. Raja yang satu ini diketahui sebagai kepala negara satu-satunya di dunia yang pernah mengunjungi Kutub Utara. Dia juga menjabat sebagai Global Advisor di Orphans International.

Quote:
Istana Raja Monaco dibuka untuk publik selama musim panas. Di istana ini seringkali diadakan acara seperti dari konser terbuka hingga pesta Natal anak-anak. Di istana itu juga terdapat galeri seni bergaya Italia dan juga banyak ruang pameran megah lainnya. Ruang singgasananya mengingatkan kita pada jaman Renaissance.
Quote:
Quote:
15. Raja Spanyol: Juan Carlos I
Raja Spanyol, Juan Carlos I adalah salah satu raja yang paling populer. Dia turut membangun pemerintahan yang demokratis di Spanyol.

Quote:
Istana raja di Madrid. Sebenarnya istana ini diperuntukkan bagi Juan Carlos, hanya saja dia lebih memilih untuk tinggal di istana yang lebih kecil di pinggiran Madrid. Istana raja tersebut masih digunakannya untuk acara-acara kenegaraan. Istana ini adalah istana terbesar di Eropa Barat dengan total luasnya 135.000 meter persegi dan memiliki 2.800 kamar.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post