-->

Sabtu, 03 Desember 2011

Saatnya Dunia Online dan Offline Bersinergi

author photo
Penetrasi internet yang  tinggi di Indonesia memberikan sebuah kesempatan bagi komunitas online untuk mengembangkan idenya.

Chairwoman ON|OFF 2011 Aulia Halimatussadinah mengungkapkan, data statistik menunjukkan bahwa dalam peta digital, Indonesia memiliki 40 juta pengguna Facebook dan 5 juta blogger aktif. Bahkan menurutnya, 15 persen dari tweet di dunia disumbang oleh masyarakat Indonesia.

Namun, kata Aulia, penetrasi internet di Indonesia lewat berkembangnya komunitas-komunitas online itu, diharapkan tidak hanya berhenti pada angka statistik saja.
“Kita jangan puas sebatas menjadi konsumen digital. Kita harus bisa melakukan hal yang lebih,” ujar Aulia dalam Pesta Blogger 2011 yang bertajuk ‘Idea meet Opportunities,’ di Epicentrum Walk, Kuningan, Jakarta, Sabtu 3 Desember 2011.

Aulia menjelaskan, perhelatan Pesta Blogger ini mempertemukan komunitas online dengan komunitas offline di Indonesia, untuk mengkolaborasikan ide mereka.
“Ada yang dari online terwujud dalam dunia offline. Karena dunia offline sebenarnya punya kontribusi, cuma kurang terdengar gaungnya. Jadi bayangkan jika keduanya bertemu,” papar Aulia.

Pesta Blogger ini merupakan acara rutin tahunan yang menghadirkan para blogger dari negara-negara Asia Tenggara. Dalam acara ini, mereka saling berbagi pengalaman.
Even ini juga mendapat dukungan dari Kedutaan Besar Amerika Serikat, karena AS menilai positif acara ini. Bertemunya para blogger diyakini dapat berkontribusi memberikan perubahan bagi negara ke arah yang lebih baik.

“Ini dapat mengembangkan demokrasi, kebebasan berekspresi, dan menumbuhkan perekonomian,” ujar Wakil Dubes AS, Ted Osius. Sebelumya, Kedubes AS juga menyelenggarkan workshop blog di 10 kota besar di Indonesia.

Sektor pendidikan, kewirausahaan, teknologi, dan lingkungan, semua disinggung dalam Pesta Blogger kali ini. Ajang ini sudah berjalan dari tahun 2007.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post