-->

Jumat, 23 Desember 2011

Situs Jejaring Sosial Pengaruhnya Minim?

author photo

Selama ini Facebook dikenal sebagai sebuah platform yang sangat berpengaruh di dunia. Namun sebuah studi terbaru mengungkap hal sebaliknya.
Para peneliti di Hardvard University melacak aktivitas Facebook dari ratusan pelajar selama empat tahun, dan hasilnya pun tidak diduga-duga yakni pengguna tidak mempengaruhi satu sama lain di jejaring sosial tersebut.
Tidak semua orang menggunakan situs jejaring sosial sama satu dengan lainnya. Pastilah berbeda-beda metode, maupun sudut pandang penggunaannya. Tapi jejaring sosial itu sendiri kini sudah banyak berubah. Contohnya dengan menaruh nama ColdPlay di artis favorit kamu di Facebook, tentu berbeda dengan me-like ColdPlay mereka.
Penemuan studi tersebut juga seperti membuyarkan penelitian sebelumnya yang banyak mengatakan bahwa dengan Facebook bisa mempengaruhi banyak orang. Meskipun begitu hasil penelitian tersebut seperti berhasil 'menyatakan' sesuatu; anda berteman dengan seseorang di Facebook karena kesamaan selera.
Sangat jarang teman anda di Facebook berubah minta dan seleranya hanya karena berteman dengan anda. Hal inilah salah satu hal di 'dunia nyata' yang berhasil masuk di dunia online. Nampaknya selera tidak terlalu berpengaruh di Facebook, karena selera sudah ada sedari kita hendak membuat akun Facebook.
Penelitian dari Hardvard ini juga menunjukkan hal lain, yakni jejaring sosial kini menjadi semacam 'interaksi sosial ringan' seperti contohnya menemukan musik baru, mendapat rekomendasi buku terbaru, dan lain-lain.
Hal inilah mungkin yang tidak diharapkan dari sebuah situs jejaring sosial. Sebuah hal yang kini sudah berubah banyak, dan Facebook tidak akan berubah dengan cepat menjadi sebuah situs jejaring sosial yang 'serius'.
Hal-hal seperti pertukaran referensi, sehingga suatu saat Anda menyukai musik yang direkomendasikan oleh seorang teman, masih ada di dunia nyata. Belum masuk ke dunia internet, bahkan untuk generasi Facebook.
Sebenarnya dari sisi pengaruh kolektivitas maupun penyebaran infrmasi, pengaruh Facebook sangat besar. Ini bisa dilihat dari masalah-masalah mereka beberapa tahun terakhir seperti pemblokiran oleh negara Suriah, Iran, dan lain-lain.
Lalu untuk ukuran pengaruh dalam pertemanan di kalangan remaja, Facebook sangat diminati, ini terlihat dari antusiasme mereka yang sangat sering menggunakan jaringan sosial raksasa ini untuk berkomunikasi dengan teman-temannya.
Tapi setidaknya melalui studi ini bisa diketahui bahwa ada beberapa metode dunia nyata seperti mempengaruhi selera seseorang, memang sebaiknya tetap diaplikasikan di dunia nyata, bukan di dunia online.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post