-->

Rabu, 07 Maret 2012

5 Fakta di Balik Tragedi Kapal Titanic

author photo


Di jamannya Kapal Dagang Kerajaan (Royal Merchant Ship disingkat RMS) Titanic dikenal juga sebagai kapal uap berpenumpang terbesar. Di negara-negara tertentu, ada sebuah perayaan yang memperingati tragedi Titanic setiap tanggal 15 April. Selain itu, berikut uniknya.com merangkum fakta di balik tragedi hancurnya kapal Titanic yang mungkin belum diketahui banyak orang (lihat juga artikel pertama dari judul yang sama). Berikut faktanya:

1.    Jumlah Penumpang yang Selamat


Masih teringat bahwa sebagian besar penumpang Titanic yang tewas dan hilang, berasal dari kelas kedua dan ketiga dari kapal tersebut, yang terdiri dari wantia dan anak-anak. Dengan demikian, jumlah terbesar orang yang selamat adalah para penumpang kelas pertama meskipun sebagian besar perahu penolong diberikan kepada wanita dan anak-anak sebagai penumpang yang diutamakan ketika bencana dan keadaan darurat muncul.

2.    Pelayaran Kapal Pesiar

Untuk memperingati apa yang terjadi saat itu, dua pesiar akan diselenggarakan di Samudera Atlantik dimana Titanic tenggelam. Dua pesiar tersebut direncanakan dan dirancang berdasarkan replikasi pakaian pada era tersebut, makanan, dan bahkan hiburan. Pesiar-pesiar ini diorganisasi dan dipimpin oleh Titanic Memorial Cruises (Pesiar Peringatan Titanic) yang pendirinya adalah Miles Morgan. Beberapa dosen akan ikut berlayar untuk mengingatkan kembali apa yang terjadi pada waktu itu, seperti Alexander James Little John yang menulis Titanic – Waiting for Orders, cucu penumpang kelas pertama yang berhasil selamat.

3.    Persembahan Bunga Mawar Titanic

Tanggal 10 April 2012, Persembahan Bunga Mawar untuk Tragedi Titanic akan diselenggarakan untuk mengingat dan menghormati para penumpang dan kru kapal yang telah meninggal dan yang selamat dari tragedi Titanic. Akan selalu diingat bahwa pada tanggal 10 April 1912-lah kapal tersebut diluncurkan. Seratus tahun kemudian, semua tamu akan menerima bunga-bunga mawar tersebut yang akan ditempatkan di dalam sebuah peti peringatan oleh Penjaga Pantai Amerika Serikat yaitu Patroli Bukit Es Internasional (International Ice Patrol) ke tempat dimana kecelakaan kapal Titanic itu terjadi.

4.    Titanic 100-COBH 2012

Cobh adalah sebuah kota pelabuhan di pesisir selatan Propinsi Cork, Irlandia. Akan ada serangkaian persembahan yang akan diselenggarakan oleh Dewan Kota Cobh di sepanjang tahun 2012, seperti peringatan 100 tahun tragedi Titanic yang disebutTitanic 100 Commemoration Ball pada tanggal 18 February 2012, Pertunjukkan Kembang Api pada tanggal 17 Maret 2012, dan sebuah program mingguan yang dimulai pada 10 April 2012 termasuk kuliah, kenangan, dan jasa.

5.    Tragedi Titanic Setelah 100 Tahun

Hari Laut Sedunia (The World Maritime Day) tahun 2012 akan memperingati kecelakaan kapal Titanic yang direncakan oleh Organisasi Maritim Internasional. Temanya adalah “IMO: One Hundred Years after the Titanic” (OMI: Seratus Tahun setelah Tragedi Titanic) dimana keselamatan orang-orang yang berlayar akan dibahas sebagai bagian sesi ke 106 yang akan mereka selenggarakan bulan Juni 2012.

Blog Ansyari | Sumber

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post