-->

Selasa, 28 Agustus 2012

Hasrat Merokok Berkurang dengan Olahraga

author photo

Blog Ansyari - Para perokok kadang suka sulit menahan hasrat ingin merokok yang muncul. Tapi tenang, kini ada cara mudah yang bisa dilakukan untuk mengurangi hasrat tersebut, yaitu dengan melakukan olahraga.

Sebuah penelitian di Inggris mengungkapkan perokok yang sedang mencoba mengurangi atau berhenti dari kebiasaan merokok sebaiknya mulai mengambil waktu untuk jogging, karena olahraga bisa membantu mengatasi hasrat merokok.

Studi yang temuannya dilaporkan dalam jurnal Addiction ini menggabungkan data dari 19 uji klinis sebelumnya dan menemukan latihan atau olahraga pada umumnya bisa membantu berhenti merokok dan mengurangi ketagihan akan nikotin.

"Olahraga tampaknya memiliki manfaat sementara, dengan demikian hal ini bisa sangat disarankan pada orang yang merokok," ujar Adrian Taylor yang memimpin studi dari University of Exeter di Inggris, seperti dikutip dari reutersSelasa (28/8/2012).

Dalam percobaan ini secara acak para perokok diminta melakukan beberapa latihan seperti jalan cepat dan bersepeda, serta ada pula yang melakukan beberapa jenis aktivitas pasif seperti menonton video atau hanya duduk-duduk santai.

Secara keseluruhan, tim peneliti yang dipimpin Taylor menemukan perokok yang aktif bergerak atau berolahraga memiliki keinginan yang kurang untuk merokok dibanding perokok yang hanya pasif.

"Penjelasannya masih belum jelas. Tapi latihan bisa berfungsi sebagai selingan, ketika sedang aktif ada kemungkinan juga meningkatkan mood seseorang sehingga mereka tidak merasa butuh untuk merokok," ujar Taylor.

Dalam studi ini tidak satu pun dari perokok yang ikut dalam program berhenti merokok atau menggunakan produk pengganti nikotin, sehingga peneliti bisa mengidentifikasi manfaat dari olahraga untuk mengurangi hasrat merokok.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post