-->

Selasa, 28 Agustus 2012

Inilah Kota dengan Jumlah Festival Terbanyak di Dunia

author photo

Bagi Anda traveler sekaligus pemburu festival, ada satu kota di dunia yang tak boleh dilewatkan. Ibukota Jepang yakni Tokyo menjadi kota dengan jumlah festival terbanyak di dunia, mulai dari musik sampai budaya!

Festival adalah hal yang umum ditemukan di Tokyo, Jepang. Ini adalah kota dengan jumlah festival terbanyak di dunia, berdasarkan World Cities Culture Report 2012. Data ini merupakan hasil analisis kultur 12 kota metropolis di dunia. Melongok dari situs resminya, Selasa (28/8/2012), Tokyo berada di peringkat teratas dengan 485 festival sepanjang tahun.

Kanda Matsuri (dave-golden.com)


Kota kedua dengan jumlah festival terbanyak adalah Paris (360), lalu Sydney (312) dan New York (309). Beberapa kota seperti Istanbul, Berlin, dan Mumbai jumlah festivalnya kurang dari 300.

Hal inilah yang menjadikan Tokyo destinasi wajib bagi traveler sekaligus pemburu festival. Beberapa festival (atau Matsuri dalam bahasa Jepang) yang paling terkenal di antaranya Kachiya Matsuri, Sanja Matsuri, Kanda Matsuri, juga Cherry Blossom Matsuri yang penuh bunga sakura!

Sepanjang tahun, Anda akan disuguhi festival yang tak ada bandingannya. Mengutip situs Go Japan, Selasa (28/8/2012), mayoritas festival berlangsung sekitar bulan Maret-Mei yakni saat musim semi.

Kachiya Matsuri (sacred-destinations.com)



Kachiya Matsuri misalnya, akan membuat Anda terlempar ke masa lampau dengan suguhan tari perang tradisional Jepang. Sanja Matsuri dilangsungkan untuk memperingati tiga pria yang menemukan patung Kannon (Dewi Keberuntungan) yang berlanjut pada penemuan Senso-ji (kuil suci umat Buddha) di distrik Asakusa. Sanja Matsuri dipenuhi atraksi tari tradisional, musisi lokal, dan parade Mikoshi (tandu suci).

Sanja Matsuri (jepang-panduanwisata.com)


Kachiya Matsuri berlangsung pada 5 Mei tiap tahunnya, sementara Sanja Matsuri pada minggu ketiga bulan Mei. Kalau ingin melihat salah satu festival terbesar di Tokyo yaitu Kanda Matsuri, datanglah pada pertengahan bulan Mei. Di festival ini, Anda akan dibawa kembali ke zaman Edo. Parade kostum memenuhi jalanan. Puncak festival ditandai dengan parade 200 tandu suci mengelilingi Kuil Kanda Myojin.

Cherry Blossom Matsuri (travelphoto.net)



Sakura adalah bunga nasional Jepang. Rona merah muda seakan dipulas pada kelopak bunga mungil berwarna putih. Pada bulan Maret-Mei, sakura mulai bermekaran di seluruh Tokyo. Anda bisa menyambangi beberapa tempat seru untuk menikmati mekarnya bunga mungil ini. Ada Shinjuku Gyoen, Ueno Park, Chiforigafuchi, Sumida Park, Yoyogi Park, dan bantaran Meguro River.

Taman kota saat mekarnya sakura (japanvisitor.blogspot.com)

Ayo, kemas barang-barang Anda dan datangilah Kota Tokyo. Manjakan diri Anda dengan beragam festival budaya dan musik khas Jepang.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post