-->

Kamis, 30 Agustus 2012

Mobil Kecil akan Jadi Incaran

author photo

Blog Ansyari - Jakarta - Pasar mobil Indonesia saat ini masih didominasi oleh model mobil keluarga seperti MPV, tapi di masa depan, mobil kecil yang kompak dengan harga terjangkau diprediksi juga akan menjadi incaran.

Sebab, kelas menengah Indonesia yang cukup besar bisa dianggap sebagai pasar paling potensial untuk mendukung hal itu.

"Menurut saya small car akan besar di masa depan. Karena pemilik motor di Indonesia kan banyak. Mereka pakai motor karena terpaksa dan rela hujan-hujanan," kata Presiden Direktur PT Toyota Astra Motor Johnny Darmawan di Jakarta.

"Nanti ada saatnya mereka naik kelas dan ingin yang tertutup agar tidak kehujanan. Di situlah small car ini akan membesar," ujarnya.

Meski begitu, mobil keluarga seperti MPV juga akan tetap diminati karena mampu menampung banyak penumpang. "Mobil keluarga pasti tetap dibutuhkan, di lain pihak, mobil yang kompak yang harganya terjangkau itu yang akan ikut besar juga," imbuhnya.

Di tataran dunia, Toyota menyiapkan 8 model baru di negara berkembang yang memiliki harga cukup terjangkau.

Dilansir Reuters, Toyota mempersiapkan 8 model salah satunya Etios untuk negara berkembang terutama di Asia dan Amerika Selatan sampai 2015.

"Di pasar berkembang, ada sekitar 4-5 produsen otomotif yang ingin menjungkalkan kepemimpinan Toyota, terutama di Asia Tenggara, Volkswagen dan lainnya menantang kami, jadi kami tidak bisa beristirahat," ujar Executive Vice President Toyota Yukitoshi Funo 

Sebagai tahap pertama dari 8 model tersebut, Toyota sudah meluncurkan mobil paling murah yang pernah dijual Toyota yakni Etios di India pada Desember 2010 lalu. Penjualan mobil ini sudah mencapai 100.000 unit di India saja.

Harga 8 model mobil itu berkisar paling murah Rp 100 jutaan, jadi cukup terjangkau untuk konsumen di negara berkembang. Mobil-mobil ini diusahakan untuk diproduksi di masing-masing negara untuk mengurangi beban biaya.

Toyota pun memasang target penjualan 1 juta unit di 100 negara berkembang.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post