-->

Minggu, 12 Agustus 2012

Istilah NEWS

author photo

NEWS DEPARTMENT 
Adalah Departemen pemberitaan yang berada pada stasiun televisi, sesuai dengan namanya, Departement ini bertugas mencari dan menyiarkan Berita baik itu Hot News atau Soft News secara Up to date disiarkan secara Cepat Padat dan Jelas. 
Didalam setiap Department News ini,memiliki beberapa personil pemberitaan seperti Reporter dan Kamerawan bertugas meliput berita dari berbagai peristiwa setiap harinya berbagai peristiwa yang bernilai berita. 
Bagian pemberitaan merupakan unit otonom yang memiliki kewenangan untuk mengatur diri sendiri. Bagian pemberitaan televisi tidak mungkin hanya mengandalkan reporter atau juru kameranya sendiri dalam mencari berita. Untuk itu, mereka bisa memanfaatkan informasi yang berasal dari media massa lainnya, misalnya surat kabar atau kantor berita seperti Reuters, Associated Press, AFP, dan stasiun televisi lain seperti CNN, yang belakangan ini telah menjadi referensi utama untuk berita-berita internasional. 
Stasiun televisi juga kerap menggunakan gambar dari video amatir ( koresponden ) untuk keperluan produksi program berita. 

NEWS ON DEMAND. 
Layanan yang sama dengan layanan aplikasi broadcasting, tetapi berbasis pengiriman on demand (individual). Sebagaimana umumnya layanan interaktif, maka delay tidak diterima. 

NEWS ANCHOR.
Di Amerika Serikat dan Kanada, presenter berita lebih sering disebut sebagai news anchor, 
anchor person (anchorman/anchorwoman), adalah orang yang mempresentasikan materi yang telah dipersiapkan untuk program berita, terkadang harus berimprovisasi memberikan komentar dalam siaran langsung. 
Banyak news anchor yang juga terlibat dalam proses pembuatan atau editing berita,Newsanchor juga mewawancarai narasumber di studio atau memandu program diskusi. Banyak juga yang menjadi komentator dalam berbagai program berita. 

NEWS BREAKING / HEAD NEWS 
Berita pendek (di radio atau televisi), yang berisi kejadian atau informasi penting yang baru atau bahkan sedang terjadi. 

NEWS CASTER.
Seorang presenter berita yang juga bertindak sebagai reporter aktif, turut berperan dalam proses pembuatan naskah berita bagi program berita tersebut. Istilah news caster menjadi umum untuk membedakan antara presenter dari berita umum dengan komentator. Seorang komentator sering mencampuradukkan antara berita dengan opini. 

NEWS PRESENTER. 
Pembawa berita atau Presenter Berita, adalah orang yang membawakan atau mengantarkan acara berita di televisi atau radio. Istilah ini biasa dipakai di industri televisi di Indonesia dan merupakan padanan penyiar berita yang juga banyak dipakai di radio. Secara internasional, dikenal tiga kategori penyampai berita, yakni pembaca berita (newsreader), penyiar berita (newscaster), dan jangkar berita (newsanchor). Sejak tahun 1980-an, banyak lembaga penyiaran yang beralih dari sekedar memakai pembaca berita, yang kebanyakan adalah aktor yang hanya membacakan naskah yang ditulis orang lain dan tidak punya peran dalam peliputan berita. Stasiun televisi seperti TVRI juga berpindah menggunakan penyiar berita yang terlibat dalam pembuatan berita dan bukan sekedar membacakannya. 

NEWS TICKER. 
Template di bagian bawah seperti running text yang berisi informasi singkat dari berbagai berita.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post