-->

Sabtu, 18 Agustus 2012

Pantai-pantai Ini Punya Istana Bawah Laut yang Memukau

author photo
Tidak hanya sekadar menyaksikan bentangan pasir putih dan deburan ombak saat di pantai. Siapa sangka, banyak pantai di Indonesia ini yang terumbu karang seindah istana laut. Yuk, kita intip!


Tidak hanya sekadar menikmati keindahan pesisir pantai yang cantik dan memukau. Tahukah Anda, kalau di Indonesia memiliki banyak pantai dengan keindahan bawah laut yang memukau.



Wisatawan yang datang ke pantai ini pun bisa melihat kecantikan terumbu karang dengan biota laut yang hidup di dalamnya. Tidak perlu melakukan diving, snorkeling di pinggir pantainya saja, Anda sudah bisa melihat keindahan istana bawah lautnya.



Berikut adalah pantai-pantai asyik untuk snorkeling di Indonesia yang detikTravel rangkum, Kamis (16/8/2012):



1. Karimunjawa, Jawa Tengah





Jernihnya air laut Karimunjawa seakan tak malu memperlihatkan keindahan istana bawah lautnya. Karimunjawa menjadi destinasi pantai dan perairan dengan kecantikan sempurna! Destinasi wisata ini, bisa Anda temukan di sekitar 83 kilometer barat laut kota Jepara, Jawa Tengah.



Untuk penggemar snorkeling, tidak perlu jauh berenang ke tengah laut sudah bisa dengan gamblang melihat terumbu karang dan aneka biota lautnya. Di bawah perairan Karimunjawa terdapat 242 jenis ikan hias dan 133 jenis hewan laut lainnya.



Anda bisa berenang melihat terumbu karang bersama penyu, bahkan ada kolam hiu! Selain itu, di gugusan kepulauan dengan jumlah 27 pulau ini, Anda juga bisa menikmati bentangan pasir putih nan bersih untuk berjemur sambil menikmati siraman cahaya matahari.



2. Pink Beach, Nusa Tenggara Timur





Tidak hanya cantik dengan butiran halus pasir pantainya yang berwarna merah muda. Pink Beach juga memiliki 'surga' di pantainya. Warna-warni anemon dengan ragam ikan lucu terihat semakin menyemarakan berbagai jenis terumbu karang yang ada di dalamnya.



Snorkeling! Itulah kegiatan yang wajib Anda lakukan saat berada di pantai milik Pulau Komodo, Flores Barat, NTT ini. Kecantikan taman lautnya mampu menghentikan detak jantung Anda beberapa saat. Bahkan interior alam nan memesona ini sudah bisa Anda lihat setengah meter dari pantai.



3. Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur





Pantai putih nan halus serta gradasi biru perairannya yang bersinggungan dengan bibir pantai, seakan menggoda untuk dijamah oleh wisatawan. Dari 31 pulau di Kepulauan Derawan, terdapat tiga pantai yang lengkap dengan istana bawah lautnya, seperti Derawan, Maratua, Sangalaki, dan Kakaban.



Tidak jauh dari pantainya, pelancong sudah bisa melihat keragaman hayati taman laut nan indah itu. Terumbu karang, ikan-ikan hias, serta beragam biota lautnya, menjadi percampuran ekositem yang memukau. Oleh karena itu, Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau, Kaltim ini menjadi salah satu spot favorit untuk para penggemar snorkeling.



4. Gili Trawangan, Nusa Tenggara Barat





Keren! Itu kata pertama yang pantas Anda berikan untuk daerah yang berada di Lombok, NTB. Soal keindahan istana bawah lautnya, sudah tidak perlu diragukan lagi. Mustahil rasanya Gili Trawangan menjadi tempat favorit para snorkeler, bila tidak punya keindahan bawah laut yang memesona.



Anda tak perlu bersusah payah mencari spot untuk snorkeling saat berada di Gili Trawangan. Pantai di sini juga sudah menjadi taman laut terumbu karang yang begitu indah dengan berhiaskan ikan-ikan laut yang berwarna warni. Kesempurnaannya pun bertambah, jika mata Anda menatap hamparan pasir putih yang membentang di setiap sisi pantainya.



5. Pantai Desa Sawai, Maluku





Sawai di Pulau Seram, Maluku, menjadi destinasi wisata perpaduan antara desa, pulau, laut, dan pantai. Bentang laut berwarna biru kehijauan lengkap dengan hamparan karang dan koralnya, menjadikan lokasi ini terlihat sempurna.



Wisatawan sudah bisa melihat keindahan dekorasi habitat lautnya, dari Pantai Sawai. Anda bisa langsung berenang di sini. Ikan-ikan kecil pun senantiasa berkeliaran di antara batu karang dan koralnya. Beberapa biota lautnya pun menjadi hiasan bawah laut yang sangat apik.



6. Pantai Pulau Siladen, Sulawesi Utara





Siapa pun pasti sudah tahu, kalau Bunaken itu menyimpan istana bawah laut yang elok. Namun, siapa sangka salah satu pantainya yang berada di Pulau Siladen, Sulawesi Utara juga memiliki susunan atol yang tak kalah memesona.



Pulau Siladen merupakan salah satu pulau yang berada dalam kawasan Taman Nasional Bunaken. Pelancong juga bisa menikmati kecantikan arsitektur alami terumbu karangnya hanya beberapa meter dari pantai. Oleh sebab itu, banyak wisatawan yang melakukan snorkeling di pantai ini.



Pulau seluas 31,25 hektar ini dikelilingi oleh hamparan pasir putih dengan beragam pepohonan di sepanjang bibir pantainya. Ketika melangkahkan kaki di pantai dan akhirnya pasir berganti dengan air, telapak kaki Anda akan langsung menyentuh karang. 



7. Raja Ampat, Papua Barat




Ingin menikmati liburan dengan nuansa pantai berpasir putih dan lautan biru? Raja Ampat adalah tempatnya. Selain itu, gugusan kepulauan ini pelancong bisa menghabiskan waktu di pantai dan dunia bawah lautnya.



Bagi wisatawan yang tidak memiliki lisensi menyelam, masih bisa melakukan snorkeling dan berenang di pantainya. Saat snorkeling, Anda bisa melihat ikan warna-warni seperti ikan nemo, beragam bentuk terumbu karang, kerang, bintang laut, dan masih banyak biota laut lainnya. Mantap!



Itulah pantai-pantai cantik di Indonesia yang berhiaskan susunan terumbu karang serta ekosistem bawah lautnya. Tidak perlu menyelam, dengan snorkeling saja Anda sudah bisa menyaksikan kecantikan istana bawah laut alam Indonesia.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post