-->

Senin, 06 Februari 2012

Dahsyat, Ada Jalan Layang Dalam Gedung

author photo
Kini keterbatasan lahan untuk pembangunan jalan, mestinya bukan masalah lagi. Lihatlah yang dilakukan Jepang. Para arsiteknya beraksi dengan membuat jalan layang atau fly over yang menembus gedung-gedung perkantoran.


Bagi mereka, seperti ditulis Daily Mail, keterbatasan lahan merupakan masalah kecil yang tidak boleh menghalangi niat baik untuk membangun infrastruktur. Jepang membuat alternatifnya: bangun jalan layang yang menembus gedung perkantoran, seperti di Osaka, Jepang.







Gedung yang dilewati flyover yakni perkantoran setinggi 16 lantai. Pada bagian bawah gedung dilubangi seperti terowongan (lihat foto), sesuai luasnya jalan layang. Masyarakat lokal menyebutnya sebagai 'Beehive' atau sarang tawon. Bangunan ini memiliki konstruksi ganda dengan penampang lingkaran baja. Sehingga, jalur jalan layang bisa melalui lantai lima dan lantai tujuh gedung tersebut tanpa gangguan. Untuk lift yang beroperasi, hanya sampai lantai empat, yang kemudian akan transit ke lift lainnya yang ada di lantai delapan. Tidak hanya dari segi keselamatan saja yang dipikirkan para arsitek Negeri Sakura, kenyamanan pun turut dipertimbangkan dengan mendesain gedung sedemikian rupa agar tidak berguncang saat kendaraan berlalu lalang di bawahnya. Kreatif. Semoga saja gedungnya tidak amblas.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post