-->

Minggu, 12 Maret 2017

Ini 5 Hidangan Indonesia Yang Disajikan Jokowi Untuk Tamu Negara

author photo

Tamoranews.com - Selama pemerintahan Presiden Jokowi, kurang lebih terdapat lima orang kepala negara yang datang berkunjung ke Indonesia. Tak hanya para pemimpin negara saja yang berkunjung secara pribadi seperti Raja Salman bin Abdul Aziz namun ada juga acara kenegaraan seperti Konferensi Tingkat Tinggi IORA yang dihelat pada 7 Maret 2017 lalu.

Untuk menyelenggarakan acara kenegaraan dan menjamu tamu berupa pemimpin negara lain, Presiden Jokowi selalu menyiapkan hidangan khusus. Makanan yang disajikan pun khas Indonesia banget. Melalui hidangan khas Indonesia yang lezat ini, diharapkan para tamu negara dapat lebih mengenal warisan serta budaya khas negeri pertiwi. Lalu apa saja makanan yang sempat dihidangkan bagi para tamu negara?Simak sama-sama yuk.

1. Selat Solo


Saat Raja Salman bertandang ke Istana Bogor untuk menemui Presiden Jokowi, sekretariat negara telah menyiapkan hidangan khusus bagi sang Raja yang menggemari sayur-sayuran. Hidangan khas Indonesia yang disajikan adalah Selat Solo. Selat Solo sendiri awalnya memang diadaptasi dari Salad yang dibawa oleh pemerintah kolonial Hindia Belanda. Selat Solo merupakan hidangan yang berisi wortel, selada, kentang goreng, buncis, kacang polong, dan mayonaise. Uniknya, Selat Solo dihidangkan juga dengan daging semur dan telur serta kuah asam manis. Bikin ngiler ya?

2. Nasi Liwet


Selain Selat Solo, Presiden Jokowi juga menghidangkan Nasi Liwet bagi keluarga sekaligus delegasi kerajaan Arab Saudi saat mengunjungi dirinya awal Maret 2017 lalu. Sama seperti Selat Solo, Nasi Liwet juga merupakan hidangan khas kota Solo. Nasi Liwet sebetulnya adalah nasi yang dikukus dengan santan, kaldu ayam, dan diberi aroma daun salam. Biasanya nasi liwet dihidangkan dengan side dishes berupa tahu bacem, sambal, opor ayam, sup labu siam, dan areh (bubur gurih dari kelapa).

3. Nasi Pandan


Untuk menjamu para tamu yang menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Indian Ocean Rim Association, Presiden Jokowi menyuguhkan Nasi Pandan. Nasi pandan merupakan hidangan khas Jawa Barat dengan bahan racikan santan, daun pandan, dan daun suji. Proses pembuatannya hampir sama dengan nasi liwet hanya berbeda pada bahan yang digunakan. Nasi pandan yang disuguhkan pada KTT IORA ini dilengkapi dengan lauk gulai ikan kakap fillet, kentang goreng, dan tomat ceri. Duh, bikin lapar.

4. Asinan Jakarta


Presiden Jokowi juga pernah menghidangkan sajian snack yakni Asinan Jakarta pada Konferensi Asia Afrika yang diadakan pada tahun 2015 silam. Asinan Jakarta seringkali ditemukan di Jawa bagian barat terutama di daerah Jakarta, Bogor, dan sekitarnya. Terdapat dua macam asinan yakni asinan sayur dan asinan buah. Yang membuat asinan unik adalah kuah yang berasa asam sekaligus menyegarkan karena disajikan dengan sayur atau buah. Tak lupa, krupuk menjadi pelengkap hidangan ini.

5. Serabi Bandung


Dalam Konferensi Asia Afrika 2015 silam, ada juga hidangan manis khas Jawa Barat yakni serabi Bandung yang disajikan dengan kunyit asam Sorbet. Hidangan ini disajikan oleh Presiden Jokowi di halaman tengah Istana Kepresidenan bersama dengan menu makan malam Konferensi Asia Afrika. Wah, kira-kira para peserta jadi makin jatuh cinta sama Indonesia tidak ya?

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post