-->

Senin, 24 September 2012

Jembatan Selat Sunda Tiru Jembatan Akashi-Kaikyo

author photo

Jembatan Selat Sunda rencananya akan mengadopsi teknologi jembatan gantung terpanjang yang ada di dunia. Saat ini rekor jembatan gantung terpanjang di dunia dipegang oleh Jembatan Akashi-Kaikyo di Jepang.

"Ada kesamaan konsep antara Jembatan Selatan Sunda dan Jembatan Akashi-Kaikyo," kata Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak pada Ahad, 23 September 2012.




Kesamaan konsep tersebut adalah kedua jembatan tersebut dibangun di daerah rawan gempa dan lautan yang memiliki palung dalam. Jembatan Akashi-Kaikyo memiliki panjang bentang utama 1,991 kilometer dan tahan pada gempa 8,5 skala richter.

Sedangkan Jembatan Selat Sunda yang rencananya memiliki bentang utama sepanjang 2,2 kilometer menurut kajian Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi akan dibangun di atas sesar aktif yang geserannya 7 milimeter per tahun. Ada potensi gempa hingga 8,6 skala richter.

Menurut Hermanto, Indonesia akan mengadopsi pembangunan sub strukturnya atau fondasi. Teknologi yang diadposi adalah model pengunci atau bridge lock untuk meredam efek gempa pada jembatan.

Nantinya, menurut Hermanto, pelaksana proyek ini harus melakukan surfei geofisika terlebih dahulu untuk mengetahui apakah di dasar laut tersebut pernah terjadi retakan atau tidak. Hal ini untuk menentukan kedalaman pembangunan sub-struktur yang panjangnya antara 500 meter sampai 1.000 meter di bawah permukaan laut.

Selain sub-struktur, penggarap proyek, juga harus bisa mengadopsi teknologi supra-strukturnya. Yaitu menggunakan konsep suspension bridge atau jembatan gantung yang mampu menahan dari tiupan angin kencang hingga kecepatan maksimum 286 kilometer per jam.

"Studi dengan Jepang ini hanya meniru teknologinya saja sedangkan untk konsep pembangunan diserahkan kepada penggarap," kata dia. Hermanto mengakui sejauh ini belum ada perbicangan mengenai konsep pembangunan awal Jembatan Selat Sunda.

Pembangunan jembatan ini nantinya akan melewati beberapa pulau sepanjang Jawa-Sumatera yaitu Pulau Kandang Lumuk, Pulau Prajurit, Pulau Sangiang dan Pulau Ular.

Saat ini kelanjutan pembangunan Jembatan Selat Sunda sedang dibahas oleh tim 7. Tim yang dikoordinatori oleh Menteri Pekerjaan Umum ini membahas soal anggaran pembangunan serta apakah pengembangan wilayah akan digabung dengan jembatan.

Untuk soal yang kedua pemerintah sudah bersepakat menggabung pembangunan jembatan dan kawasan industri di kedua ujung jembatan. Alasannya, agar investasi pembangunan jembatan bisa ditutup dari pendapatan kawasan industri kelak.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post