-->

Senin, 24 September 2012

Pertolongan Pertama Saat Si Kecil Terluka

author photo

Kecelakaan ringan seperti jatuh dan tergores sangat umum terjadi pada anak yang sedang aktif-aktifnya. Ketika bermain, mereka akan mencari tahu dan mencoba sesuatu tanpa tahu bahayanya. Jika si kecil terluka, Anda sebagai orangtua jangan panik. Berikut adalah pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan seperti dilansir Parents Zone.



1. Luka Sobek dan Memar
Untuk luka yang tergores dan memar, bersihkan area tersebut dengan air dan sabun kemudian berikan semprotan atau krim antibakteri. Setelahnya, balut luka dengan perban atau plester luka. Bila darah tak berhenti mengalir, Anda harus memeriksakan luka anak segera ke dokter.

Untuk luka memar pada kulit, bersihkan area tersebut dengan air bersih, kemudian kompres dengan handuk berisi es untuk mengurangi lebam pada kulit si kecil.

2. Luka Bakar
Langkah pertama jika buah hati terkena luka bakar ringan adalah mendinginkannya. Bisa menggunakan air mengalir atau merendam bagian yang terkena luka. Tapi tidak dianjurkan menggunakan air yang sangat dingin atau es karena akan terasa makin sakit. Berikan antibiotik di atas daerah luka bakar dan tutup dengan kasa yang steril. Berikan pula obat pereda nyeri bila diperlukan agar anak merasa nyaman. Namun untuk luka bakar yang besar segera bawa anak ke rumah sakit untuk mendapat pertolongan pertama dan menghindari kemungkinan terjadinya kerusakan jaringan.

3. Gigitan dan Sengatan Serangga
Gigitan nyamuk dan kutu mungkin tidak memerlukan perhatian yang terlalu serius. Cukup oleskan salep pada kulit yang teriritasi untuk mencegah gatal-gatal. Sementara untuk sengatan lebah, gunakan antihistamin untuk mengontrol gejala alergi. Aplikasikan Calamine, baking soda atau krim hidrokortison ke area gigitan. Perhatikan reaksi alergi yang mungkin terjadi seperti pembengkakan bibir, sulit bernapas dan lain sebagainya yang bisa berpotensi fatal. Untuk gigitan hewan yang lebih fatal, perhatian medis sangat diperlukan segera.

4. Menelan Sesuatu yang Berbahaya atau Beracun
Apapun itu jenisnya, jika anak mengonsumsi sesuatu yang asing, segera bawa ke rumah sakit agar mendapat perhatian medis. Pastikan pula saluran pernapasan bersih untuk menghindari anak tersedak.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post