-->

Rabu, 24 Oktober 2012

Inilah Cara Facebook Lipat Gandakan Keuntungan

author photo

Facebook memang telah menjadi jejaring sosial terbesar di dunia. Pengguna aktif Facebook, menurut informasi Business Insider (18/09), yang mencapai lebih dari 900 juta orang membuatnya cukup diperhitungkan. Namun oleh investor Facebook dianggap kurang menarik, akibatnya nilai sahamnya turun. Apa hal yang perlu dilakukan Facebook untuk mengubahnya?



Facebook dapat mengambil tiga jalan untuk melipatgandakan keuntungannya sekarang. Hal ini mereka perlukan untuk meyakinkan investor untuk menanamkan uangnya di Facebook. Beberapa pilihan langkah tersebut antara lain : 
  • Mengembangkan jaringan iklan eksternal
  • Mengembangkan search engine
  • Memasuki China
Ketiga pilihan memiliki potensi masing-masing namun sebuah search engine adalah hal yang paling menarik. Facebook dapat mengembangkan metode search yang unik pada platformnya. 

Facebook telah memiliki modal untuk membuat sebuah search engine sendiri. Mereka telah memiliki pengguna aktif yang banyak ditambah data preferensi mereka. Hal ini dapat dimanfaatkan Facebook untuk menambah nilai jual search engine mereka. Apabila berhasil Facebook dapat menarik uang dari pemilik brand ataupun pengguna sendiri.

Pilihan lain sebenarnya juga memiliki potensi namun tidak sebesar pilihan search engine. Facebook bisa saja memasuki bisnis jaringan iklan sendiri namun pasti akan kalah terhadap Google. Raksasa iT dunia itu memiliki pengguna aktif yang jauh lebih besar dibanding Facebook. Pengguna internet juga lebih terbiasa menggunakan Google dibandingkan Facebook.

Langkah lainnya adalah memasuki pasar China. Penduduk China yang merupakan jumlahnya terbesar di dunia bisa jadi adalah pasar potensial. Namun China hanya menghasilkan iklan yang lebih rendah dibandingkan Amerika Serikat. Penyebabnya adalah tingkat ekspansi IT di China yang lebih rendah dibandingkan Amerika Serikat. Akibatnya memasuki pasar China kurang menguntungkan dalam jangka pendek dan menengah. 

Mark Zuckerberg selaku CEO Facebook tampaknya memilih hal yang benar dengan keinginannya dalam hal search engine. Jika dapat memanfaatkan basis pengguna dan data yang besar Facebook bisa saja menjadi raksasa IT setelah Google.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post