-->

Sabtu, 19 Januari 2013

Medan diprediksi diterjang banjir dahsyat seperti Jakarta

author photo
Banjir hebat yang melanda Jakarta saat ini, dimungkinkan juga bakal dialami daerah lain. Kota Medan dan daerah lain di Provinsi Sumatera Utara, berpotensi mengalami musibah banjir besar seperti Jakarta.

"Kota Medan hanya menunggu giliran apabila aparatnya tidak melakukan evaluasi," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumut Ahmad Hidayat Nasution di Medan, Jumat (18/1). Demikian tulis Antara.


Menurut Hidayat, prediksi itu semakin nyata dari seringnya daerah yang mengalami banjir dan genangan air pada beberapa tahun terakhir. Dengan kondisi cuaca ekstrem dan curah hujan lebat yang terus terjadi, potensi banjir selalu mengancam Medan.

Apalagi jika dikaitkan dengan banyaknya kerusakan lingkungan di daerah pegunungan dan berkurangnya daerah resapan di Kota Medan dan sekitarnya.

Karena itu tidak berlebihan jika Kota Medan dan sekitarnya dianggap hanya menunggu waktu, dalam mengalami musibah banjir besar seperti yang terjadi di Jakarta.

Untuk itu, aparatur pemerintah di Sumut dan Kota Medan diharapkan segera melakukan evaluasi terhadap infrastruktur yang ada terkait dengan mitigasi bencana.

Evaluasi itu semakin dibutuhkan, karena bupati dan wali kota penanggung jawab utama dalam penanggulangan bencana yang terjadi di daerah masing-masing.

Jika bencana yang terjadi memberikan kerusakan maksimal dan tidak mampu ditangani kabupaten kota, baru BPBD Sumut turun tangan memberikan penanggulangan.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post