-->

Selasa, 30 April 2013

Terlalu Detail Soal Cara Pakai Kondom, Buku Seksualitas untuk Anak Ditarik

author photo
Pendidikan seks perlu diperkenalkan pada anak sedini mungkin, tapi tentunya dengan pendekatan yang sesuai umurnya. Di Jerman, sebuah buku pendidikan seks untuk anak ditarik karena ilustrasinya soal pemakaian kondom terlalu detail.


Buku bergambar yang kemudian menuai kontroversi itu berjudul 'Where do you come from?' atau dalam Bahasa Jerman 'Wo kommst du her?' yang artinya kurang lebih 'dari mana kamu berasal'. Ilustrasi yang disertakan dalam buku tersebut adalah gambar kartun yang tentunya menarik bagi anak-anak.

Sayangnya para orang tua murid di Berlin memprotes beberapa bagian yang menampilkan gambaran terlalu vulgar tentang seksualitas, padahal buku tersebut ditujukan untuk anak berusia 5 tahun. Di antaranya tentang cara pemakaian kondom, berhubungan seks hingga proses persalinan.

Dua karakter utama dalam buku bergambar tersebut, Lisa dan Lars digambarkan sedang memakai kondom dan berhubungan seks, hingga akhirnya melahirkan seorang bayi. Keduanya juga membahas dengan detail perihal organ seks, bahkan juga tentang orgasme.

Menanggapi protes orang tua, penerbitnya mengakui terlalu vulgar dan segera menarik buku tersebut dan menggantinya dengan versi baru yang lebih sesuai namun tetap dengan menggunakan jasa ilustrator yang sama. Judulnya pun diubah menjadi 'Was I in Mummy's Stomach, Too?'

"Anak-anak penasaran, mereka ingin tahu dari mana mereka berasal. Memberikan jawaban yang sesuai usia bukan hal yang mudah, tapi penjelasan pertama harus terbuka dan serius. Sebab ini satu-satunya cara agar anak belajar memahami seksualitas dan kehamilan," demikian salah satu penggalan tulisan dalam buku tersebut seperti dikutip dari NY Dailynews, Senin (29/4/2013).

Buku yang kontroversial ini pertama kali diterbitkan tahun 1991.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post