-->

Kamis, 26 Desember 2013

Hari Ini 26 Desember : ‘Boxing Day’ Tradisi Masyarakat Britania

author photo
Desember adalah bulan terakhir dalam jadwal di paruh musim pertama liga-liga Eropa. Hampir semua liga-liga Eropa mengakhiri paruh pertama sebelum perayaan natal di tanggal 25 di bulan itu. Walau begitu, Inggris punya cara berbeda untuk mengakhiri paruh musim kedua sesaat setelah Natal, yaitu dengan gelaran laga Boxing Day.


Sejatinya, tanggal 26 dan 27 Desember masih termasuk ke dalam lingkup perayaan Natal. Walau begitu, Premier League tetap menyajikan pertandingan untuk menutup paruh musim pertama di tanggal tersebut, hal yang tidak pernah mendapat protes baik dari masyarakat ataupun klub-klub di kompetisi tersebut.

Mengapa laga-laga yang tersaji di tanggal tersebut tidak pernah mendapat protes? Tentu ini dikarenakan hal tersebut adalah bagian dari tradisi yang ada di ranah Britania Raya di mana laga ini merupakan bagian dari perayaan Natal.

Boxing Day sendiri awalnya ada tidak berhubungan dengan olahraga, khususnya cabang sepak bola. Ini berawal dari adanya penetapan undang-undang hari libur Bank di ranah Britania pada tahun 1871. Dalam undang-undang ini ditetapkan bahwa Bank di Inggris, Wales, Irlandia, dan Skotlandia mendapat libur di tanggal 26 Desember tersebut.

Khusus di ranah Britania Raya (United Kingdom), terdapat tradisi untuk mengumpulkan kotak Natal berisi uang sebagai hadiah atas pelayanan yang bagus sepanjang tahun. Dari tradisi-tradisi itulah muncul nama “Boxing Day” yang merujuk pada tanggal 26 Desember, yang jatuh sehari setelah perayaan Natal.

Tradisi ini pada akhirnya tercampur dalam berbagai ragam kegiatan yang dilaksanakan di Inggris, termasuk dalam cabang olahraga sepak bola. Tradisi tersebut melahirkan partai Boxing Day di Premier League, Scottish Premier League dan Irish Premier League yang secara tradisional mempertemukan tim rival sekota agar suporter tidak melakoni perjalanan jauh di laga tandang usai merayakan Natal.

Adanya partai Boxing Day memang berhasil memberi warna dan kepuasan tersendiri bagi masyarakat Inggris. Setelah berbahagia merayakan Natal, Boxing Day seakan hadiah yang menghibur bagi para pecinta sepak bola di Inggris, di mana hadiah itu terasa semakin bermakna dan spesial terutama bila timnya berhasil meraih kemenangan.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post