Memang sampai sekarang, untuk jumlah total penggunanya, Facebook masih menduduki peringkat atas di ekosistem jejaring sosial, namun ada kabar baru yang cukup mengejutkan. Facebook ditinggal pengguna muda.
Di awal pembuatannya, Facebook menyasar para kawula muda sebagai pengguna efektifnya. Lambat laun seiring dengan popularitasnya, Facebook mendapatkan hati bahkan menjungkalkan para pendahulunya seperti MySpace atau juga Friendster.
Beberapa bulan lalu, Facebook merayakan satu perolehan prestasi karena berhasil mendapatkan pengguna di atas 1 miliar. Sayangnya, seperti dikutip dari Time (15/01), Facebook mulai ditinggalkan banyak penggunanya sejak 2 tahun terakhir ini.
Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan oleh konsultan digital bernama iStrategy Labs mengungkapkan bahwa sejak tahun 2011 lalu, ternyata pengguna muda Facebook yang memiliki kisaran umur mulai dari 13 sampai 24 tahun mulai pergi meninggalkan situs jejaring sosial satu ini.
Di awal tahun 2011, pengguna muda berumur 13-17 tahun tercatat berjumlah 13,114,780 turun drastis menjadi hanya 9,800,000 saja di bulan Januari 2014. Dan, pengguna dengan umur 18-24 tahun di bulan Januari 2011 yang awalnya berjumlah 45,406,460 terpangkas menjadi hanya 42,000,000 di bulan Januari 2014 ini.
Tentunya bukan menjadi satu hal yang mengherankan karena di penelitian terdahulu juga pernah ada yang mengungkapkan bahwa memang banyak pengguna Facebook dengan kisaran umur remaja mulai bosan dengan situs besutan Mark Zuckerberg ini, dengan berbagai alasan yang melandasinya.
Memang, iStrategy Labs dalam meramu analisisnya ini mengambil sample hanya di kawasan Amerika Serikat saja tidak secara global, namun dari jumlah penurunan pengguna tersebut menjadi satu hal yang patut dikhawatirkan oleh Facebook sendiri karena hilangnya para pengguna layanannya itu tergolong besar.
This post have 0 komentar
EmoticonEmoticon