-->

Senin, 03 November 2014

6 Hal Unik Saat Pelantikan Presiden Jokowi

author photo

Indonesia memiliki Presiden baru yakni Joko Widodo. Bertempat di Gedung MPR, Jokowi akhirnya resmi mengucapkan sumpah dan janji jabatan sebagai Presiden Indonesia ke-7. Tentunya pelantikan Jokowi ini dinantikan oleh banyak orang.

Jika sang Wakil Presiden yakni Jusuf Kalla pernah menempati posisi serupa lima tahun silam, ini adalah kali pertama bagi pria asal Solo itu memegang posisi teratas di jajaran pejabat tinggi negara. Kebahagiaan jelas dirasakan penduduk Indonesia yang akhirnya memiliki Presiden baru yang terpilih karena rakyat.

Lepas dari upacara pelantikan yang berlangsung sangat resmi, rupanya ada hal-hal unik yang terlewatkan dari pelantikan Jokowi dan Jusuf Kalla. Penasaran seunik apa? Dilansir Merdeka, intip yuk hal-hal yang pasti tak kamu ketahui ini.

1. Gajinya 28 Kali Lipatmu

Menjadi seorang Presiden Indonesia, bukanlah hal yang mudah. Kamu harus mempersiapkan diri untuk sanggup memimpin lebih dari 200 juta jiwa penduduk Indonesia sekaligus menghadapi pro-kontra yang bakal timbul selama kepemimpinanmu. Dengan tugas yang sangat kompleks dan luar biasa padat, maka bukan hal yang aneh jika penghasilan seorang Presiden sangat tinggi.

Jika gaji SBY sebagai acuan, maka besar kemungkinan Jokowi bakal menerima USD 124.141 (Rp 1,4 miliaran) pertahun. Nominal gaji bisa meningkat sesuai jumlah inflasi dan belum termasuk dana taktis lebih dari Rp 2 miliar/bulan. Dengan nilai fantastis, maka tak heran jika gaji Jokowi nanti bakal 28 kali lipat lebih tinggi daripada rata-rata orang Indonesia.

2. Ada Wanita Yang Kecewa

Ada yang bahagia saat Jokowi dilantik, tetapi juga ada yang kecewa. Dia adalah Hj Musmidah (52) yang rela datang jauh dari Bukittinggi, Sumatera Barat bersama ketiga rekanya ke gedung parlemen demi bisa menyaksikan pelantikan Jokowi sebagai Presiden. Secara jujur, Musmidah mengakui baru tiba di Jakarta pada Minggu (19/10) kemarin.

Wanita yang mengaku sebagai anggota DPC PDIP Bukittinggi itu tak tahu jika untuk menyaksikan pelantikan harus memiliki surat undangan. Wah, kendati tak bisa melihat langsung pelantikannya, ibu Musmidah harus bahagia bisa melihat pawai Jokowi - Jusuf Kalla dong ya.

3. Ucap Sumpah, Plat Mobil Dilepas

Ada kejadian unik yang terjadi saat Jokowi mengucapkan sumpah sebagai Presiden dan Jusuf Kalla sebagai Wakil Presiden. Ketika dua orang pemimpin negara baru itu mengucap janji jabatan di Gedung MPR, perugas Paspampres melakukan tugasnya yakni melepas plat nomor Indonesia RI 1 yang berwarna merah.

Tak banyak yang melihatnya kalau di halaman parkir gedung MPR ada dua mobil berwarna hitam jenis Mercedes Benz yang ditumpangi SBY dan Jokowi. Saat sumpah terucap dan Jokowi resmi jadi Presiden ke-7, plat mobil warna merah dilepas dari mobil SBY ke mobil Jokowi. Sungguh moment yang tepat ya.

4. Dijaga Kuda Rp 1 M

Usai resmi dilantik sebagai Presiden Indonesia, Jokowi dijadwalkan melangsungkan pawai yang membuatnya bisa menyapa langsung para penduduk. Namun ketika seorang Presiden berada di publik, maka ada sekelompok orang yang bakal menjaga keamanannya. Uniknya, Mabes Polri menerjukan pasukan berkuda yang di mana kuda-kuda itu khusus didatangkan dari Belanda.

Menurut Kepala Detasemen Turangga Ditpolsatwa Baharkam Mabes Polri yakni Kompol Nurdin, ada 13 ekor kuda Belanda yang bakal menjaga Jokowi. Tentu bukan kuda biasa yang melindungi Sang Presiden, dikabarkan, kuda dengan makanan pelet dan rumput itu seekornya bisa menyentuh harga Rp 400 juta - Rp 1 miliar! Wah, kuda pun yang datang kuda super istimewa ya.

5. 7 Tumpeng Diarak

Keriuhan menyambut Presiden baru tidak hanya terjadi di Jakarta. Di kota kelahiran Jokowi yakni Solo, para penduduk juga lebih heboh lagi. Karena dilaporkan ada tujuh tumpeng yang diarak saat Jokowi resmi dilantik sebagai Presiden Indonesia. Dipimpin walikota Solo, FX Hadi Rudyatmo, ketujuh tumpeng dibawa menggunakan kereta wisata Jaladara dan bis tingkat Werkudara.

6. Jokowi Cium SBY

Jangan dipikir yang aneh-aneh, karena ciuman yang dimaksud di sini adalah sebuah ciuman antara pria dan pria dewasa yang begitu maskulin dan merupakan tanda sayang antara dua orang besar. Yap, usai disumpah dan menandatangani acara pelantikan, SBY langsung menyambut sang pengganti dirinya itu dengan begitu bahagia.

SBY dan Jokowi bahkan sempat saling cipika-cipiki sebanyak tiga kali. Lucunya, saat Jokowi hendak duduk di kursi sebelah kanan, SBY mengarahkannya untuk duduk di kursi Presiden yang ada di sebelah kiri. Momen unik itu langsung disambut dengan riuhan hadirin di Gedung MPR. Resmi sudah bangku Presiden Indonesia berpindah dari SBY ke Jokowi.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post