-->

Senin, 06 Februari 2017

6 Hal Buruk pada Tubuh Pria Jika Tidur Terlalu Lama

author photo

Tamoranews.com - Tidur terlalu sedikit tidak dianjurkan. Namun tidur terlalu lama bagi seorang pria juga bisa berbahaya. Meski tidur harus diakui penting bagi tubuh untuk memperbarui sel-sel tubuh dari keausan.

"Individu yang tidur lebih dari 10 jam sehari secara umum memiliki gambaran kesehatan yang lebih buruk ketimbang mereka yang tidur 7 sampai 8 jam," kata Susan Redline, M.D., M.P.H., profesor dari Harvard yang mengkhususkan diri tentang kesehatan tidur.

Kini, hampir 30 persen orang dewasa di Amerika Serikat termasuk dalam kelompok "tidur lama."

"Pendapat dominan ialah tidur lama adalah tanda penyebab gangguan kesehatan," kata Dr Redline.

Michael Irwin, M.D, Profesor Ilmu Psikiatri dan Behavior di David Geffen School of Medicine di University of California Los Angeles, mengatakan tidur terlalu banyak juga bisa menimbulkan penyakit serius.

Ini karena tidur "lama" --yang dia definisikan sebagai tidur yang lebih dari 8 jam-- sesungguhnya adalah kurang tidur. Dari penelitiannya. Dr Irwin mencatat orang-orang ini kemungkinan tidak tidur nyenyak sepanjang waktu.

Kesimpulannya? Tidur terlalu banyak bisa sama merusaknya dengan tidur terlalu sedikit.

Inilah 6 hal buruk yang bisa terjadi pada pria jika tidur terlalu lama, seperti dilansir Mens Health.

1. Penyakit jantung

Penyakit jatung kini menjadi pembunuh nomer satu di Amerika, dan tidur lebih dari 8 jam membuat kemungkinan Anda mati karena terkena serangan jantung meningkat 34 persen.

2. Kelebihan berat badan

Banyak penelitian menunjukkan orang yang kurang tidur akan menjadi lebih gemuk. Namun ternyata ada juga kaitan antara kegemukan dengan tidur terlalu lama. Menurut Dr. Irwin, tidur terlalu lama juga bisa menimbulkan kelebihan berat badan yang tidak sehat bagi manusia. "Jika Anda suka tidur lama, Anda juga akan menjadi gemuk." Teori lain mengatakan tidur terlalu banyak membawa akibat gerak jadi sedikit. Itu berarti hanya sedikit pembakaran lemak. Dengan kata lain, semakin banyak Anda tidur, semakin sedikit Anda bergerak, dan semakin sedikit kalori yang dibakar. Inilah yang membuat tubuh menjadi gemuk.

3. Anda mungkin menderita diabetes

Tidur terlalu lama dapat meningkatkan kadar gula dalam darah. Gula darah yang tinggi dapat membuat Anda menderita diabetes tipe 2. Sekali lagi, kurangnya bergerak dan kelebihan berat badan menurut Dr Redline adalah pemicunya.

4. Anda sulit berkonsentrasi

Sulit berkonsentrasi? Salahkan waktu yang terlalu lama Anda habiskan untuk tidur. Menurut penelitian yang dipublikasi di Journal of the American Geriatrics Society, tidur terlalu lama dapat menyebabkan otak Anda lebih tua dua tahun dan menyulitkannya untuk melakukan tugas sehari-hari. Menurut Dr. Irwin, faktanya orang yang tidur terlalu lama memiliki kesulitan di fungsi mental dasar, tergantung seberapa sering dia terbangun di tengah malam. Jika Anda cukup sering terbangun, Anda mungkin tidak akan memiliki cukup kedalaman, atau aspek restorasi tidur yang Anda butuhkan.

5. Anda kemungkinan mati muda

Ini menakutkan, tapi benar: banyak penelitian epidemi menunjukkan bahwa orang yang tidur terlalu lama lebih banyak yang mati secara prematur. Tidak ada yang tahu pasti mengapa, tetapi peradangan mungkin memainkan hal penting, kata Dr. Irwin. Tambah lagi Anda akan mati muda jika Anda memiliki masalah seperti diabetes dan jantung karena terlalu banyak tidur.

6. Depresi

Depresi dan tidur berjalan seiringan, seperti situasi lebih dulu mana antara ayam dan telur. Kerap kali, kata Dr. Irwin, orang yang memiliki penyakit depresi tidur lebih lama. Dan semakin lama tidur, dapat menyebabkan depresi semakin parah.

Jadi, masihkan Anda bersikeras tidur lebih lama lebih baik bagi kesehatan?

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post