-->

Minggu, 05 Februari 2017

Makan Pakai Tangan ala Orang Indonesia Sehat Loh

author photo

Tamoranews.com - Salah satu kebiasaan orang Indonesia yang bikin orang asing kadang membelalakkan mata adalah makan dengan tangan. Bagi sebagian orang asing--yang memang biasa makan menggunakan garpu dan pisau, makan menggunakan tangan dianggap kotor. Padahal, itu belum tentu benar loh, makan menggunakan tangan itu sehat. Ada sedikitnya tiga alasan mengapa makan memakai tangan itu dianjurkan.

Makan lebih nikmat

Sebagian orang Indonesia pasti bisa merasakan sensasi kenikmatan makan tanpa sendok dan garpu. Ada penjelasan di balik sensasi ini.

Rupanya, jari-jari Anda memiliki kontak langsung dengan makanan ketika Anda makan dengan tangan. Ujung saraf Anda bisa merasakan suhu dan tekstur makanan sehingga mempersiapkan otak Anda untuk menerima makanan yang akan datang.

Nah, proses ini membantu otak melepaskan enzim yang tepat untuk menikmati makanan.

Melindungi dari bakteri

Benarkah? Kan tangan adalah salah satu organ paling kotor di tubuh manusia?

Eits, jangan salah. Tubuh manusia mengandung jenis bakteri tertentu yang bisa melindungi tubuh Anda dari bakteri berbahaya yang berasal dari luar tubuh. Bakteri baik ini terletak di tangan, mulut, tenggorokan, usus, dan sistem pencernaan Anda yang lain.

Ketika makan dengan tangan, bakteri baik ini bisa melindungi Anda dari bakteri jahat. Tapi ingat, Anda harus ingat untuk mencuci tangan terlebih dahulu ya.

Menurunkan berat badan

Jika Anda makan dengan alat makan--baik itu sendok, garpu, dan pisau--terjadi proses mekanis saat Anda makan.

Berbeda ketika makan dengan tangan, Anda benar-benar memperhatikan makanan apa yang dimasukkan ke mulut. Anda juga bisa menikmatinya dengan seksama.

Pola makan seperti inilah yang bisa menghindarkan Anda dari kenaikan berat badan yang signifikan.

Nah, Anda tidak perlu malu lagi untuk makan menggunakan tangan, meski sedang jalan-jalan ke luar negeri ya. Makan mengggunakan tangan memang memberi kenikmatan tiada dua, sekaligus menyehatkan kok.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post