-->

Minggu, 19 Februari 2017

Tips Agar Terhindar dari Jebakan Utang Kartu Kredit

author photo

Tamoranews.com - Kartu kredit menjadi salah satu solusi kemudahan dalam transaksi keuangan. Tapi, seringkali kartu kredit justru menjadi jebakan jika tidak digunakan dengan tepat. Karena pada dasarnya, menggunakan kartu kredit sama dengan kita berhutang. Independent Financial Adviser Janus ID dan penulis buku Finchickup, Farah Dini Novita mengatakan, bagi mereka yang termasuk boros sebaiknya jangan memiliki kartu kredit dalam jumlah banyak.

"Limit kartu kreditnya juga sebaiknya tiga bulan gaji kita, misalnya gaji kita Rp10 juta, berarti pilih limit yang Rp30 juta. Kalau kita sadar kita tidak terlalu bagus mengontrol diri, kita limitkan saja Rp11 atau 15 juta," ujar Dini Saat dikutip Tamora dari viva.co.id.

Dini juga mengingatkan bahwa setiap penggesekan kartu kredit artinya kita berutang. Setiap kali kartu kredit digesek, berarti ada uang di tabungan kita yang akan berkurang untuk mengganti uang yang digesek dari kartu kredit tersebut. Selain itu, pahami bahwa jika memang dana Anda tidak mencukupi pada saat kredit tersebut nantinya jatuh tempo, sebaiknya jangan digunakan terlebih dahulu kartu kredit tersebut. Banyak yang masih menganggap bahwa kartu kredit adalah uang tambahan padahal itu adalah utang.

Perlu diingat pula bahwa keberadaan kartu kredit adalah untuk membiayai pengeluaran yang sifatnya besar, supaya kita tidak membawa uang tunai dalam jumlah banyak kemana-mana. "Kartu kredit itu untuk kemudahan dan kenyamanan kita dalam bertransaksi, kalau misalnya kita butuh fasilitas lounge itu bagus. Kalau kita punya kartu kredit, untuk apply kredit lain lebih mudah karena ada historical credit kita di Bank Indonesia," kata Dini.

Lewat catatan kredit di Bank Indonesia itulah, bank di mana kita mengajukan kredit bisa melihat apakah selama ini pembayaran kredit kita lancar atau tidak. Kalau lancar, akan lebih mudah mendapatkan persetujuan. Tapi, jika kita tidak memiliki kartu kredit sama sekali, kita tidak memiliki catatan apapun dan itu membuat persetujuan kredit menjadi tidak mudah.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post