-->

Senin, 06 Maret 2017

5 Negara Ini Dibentuk Pada Tahun 2000-an

author photo
Peta Timur Leste
Tamoranews.com - Membentuk suatu negara sendiri bukanlah perkara yang mudah. Masih ingat berapa lama masyarakat Indonesia untuk merasakan kemerdekaan ? Ya, Indonesia butuh waktu lebih dari 3,5 abad untuk menunggu Ir. Soekarno membacakan pidato proklamasi.

Namun suatu negara terbentuk tidak hanya karena pernah dijajah. Bisa juga karena melepaskan diri dari negara induknya. Seperti halnya Timor Leste yang sebelumnya menjadi wilayah NKRI.

Berbicara mengenai negara merdeka, kamu mungkin tidak sadar kalau negara-negara berikut ini usianya jauh lebih muda darimu. Ya, mereka memang baru saja merdeka setelah memutuskan untuk berpisah dari negara induknya karena berbagai faktor. Kira-kira negara mana saja yang dianggap masih muda ?

1. Timor Leste (2002)

Timor Leste sebelumnya merupakan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan nama Timor Timur. Semenjak tahun 1999, mereka resmi memisahkan diri dan membentuk negara sendiri. Dan tiga tahun berselang, masyarakat Timor Leste resmi mendeklarasikan sebagai negara merdeka.

2. Montenegro (2006)

Jika kamu menonton Piala Dunia 2006, kamu pasti akan mendapati sebuah negara dengan nama Serbia and Montenegro. Ya, dulunya negara tersebut menjadi satu. Namun sejak tanggal 3 Juni 2006, keduanya resmi berpisah untuk mendirikan negara sendiri-sendiri.

3. Serbia (2006)

Hanya berselang dua hari pasca Montenegro memisahkan diri dan membentuk negara sendiri, Serbia kemudian mengikuti jejaknya. Pada tanggal 5 Juni 2006, masyarakat Serbia resmi mendeklarasikan kemerdekaannya. Meski merdeka pada tanggal yang hampir bersamaan, namun sepertinya Serbia jauh lebih terkenal dibandingkan saudaranya, Montenegro.

4. Kosovo (2008)

Masih belum beranjak dari negara Serbia, negara ini ternyata pernah memiliki suatu wilayah bernama Kosovo. Sayangnya, dua tahun setelah Serbia merdeka, wilayah tersebut justru memisahkan diri dan membentuk suatu negara.

5. Sudan Selatan (2011)

Dan negara paling muda di dunia (hingga saat ini) adalah Sudan Selatan. Ya, Sudan Selatan baru merdeka 6 tahun lalu atau tepatnya pada tanggal 9 Juli 2011. Negara yang dulunya tergabung dengan Sudan tersebut memang rawan konflik hingga akhirnya menyebabkan perpecahan dan terbentuknya negara Sudan Selatan.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post