-->

Minggu, 26 Maret 2017

5 Tokoh Indonesia Ini Miliki Pesawat Jet Pribadi

author photo

Tamoranews.com - Memiliki jet pribadi merupakan hal yang cukup langka, hanya orang dari kalangan tertentu saja yang bisa melakukannya. Selain karena harga satu unit pesawat mahal, operator, pilot, perawatan, serta perizinan untuk kepemilikan pesawat pribadi tak semudah urusan izin kendaraan bermotor biasa.

Kendati terdapat istilah pesawat pribadi, pada faktanya burung besi tersebut dimiliki atas nama sebuah badan usaha bukan atas nama perseorangan. Hal ini diatur dalam Permenhub Nomor KM 25 tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Angkutan Udara. Jadi siapapun yang memiliki jet atau pesawat pribadi berstatus menyewakan pesawat tersebut pada maskapai atau perusahaan. Sehingga untuk menggunakan kendaraan tersebut, yang bersangkutan harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan maskapai terkait.

Mengingat sebetulnya kepemilikan pesawat pribadi cukup rumit, maka dari itu hanya orang-orang tertentu saja yang memiliki kendaraan ini. Beberapa di antaranya adalah tokoh nasional dan siapa saja mereka? Simak bersama-sama dalam penjelasan berikut ya.

1. Susi Pudjiastuti


Sebelum menjabat sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan, Susi Pudjiastuti adalah seorang wirausaha sukses. Bahkan wanita berusia 52 tahun ini telah memiliki maskapai penerbangan sendiri yakni Susi Air. Bahkan Susi tak hanya memiliki satu burung besi pribadi saja, Menteri yang dilantik pada tahun 2014 ini memiliki 8 unit yakni Piaggio Avanti II, Cessna Grand Caravan Excecutive, Cessna Grand Caravan Commuter, Pilatus PC-6 Turbo Porter. Agusta Grand A109W, Agusta Koala A199Ke, Air Tractor AT-8002F, dan Diamond DA-42 Twin Star.

2. Prabowo Subianto


Ketua umum Partai Gerindra ini merupakan seorang mantan perwira TNI dan anak dari seorang begawan ekonomi. Tak heran bila dengan harta yang dimilikinya saat ini, pria yang berusia 65 tahun ini juga memiliki jet pribadi. Pria yang juga dikenal sebagai pebisnis ini memiliki pesawat pribadi berjenis Embraer Legacy 600, pesawat yang didesain khusus bagi pengusaha. Pesawat ini memiliki kapasitas 13 orang dan dibanderol dengan harga Rp 250 M. Wow!

3. Aburizal Bakrie


Pemilik Bakrie Group ini dikabarkan memiliki 3 unit pesawat pribadi. Kepemilikan pesawat pribadi ini tak lepas dari kiprahnya sebagai seorang pengusaha dengan mobilitas tinggi. Adapun pesawat yang dimiliki oleh Mertua Nia Ramadhani ini adalah jet buatan Brazil yang sejenis dengan milik Prabowo Subianto, Embraer Legacy 600. Sementara dua jet lainnya belum diketahui jenisnya.

4. Surya Paloh


Sebagai orang tertinggi salah satu stasiun TV swasta sekaligus Ketua Partai, Surya Paloh juga termasuk dalam jajaran tokoh nasional yang memiliki jet pribadi. Pria yang memelihara jambang ini memiliki dua jenis pesawat pribadi. Pesawat pertama merupakan British Aerospace BAe 146 yang memiliki kapasitas 120 orang namun pesawat ini dimodifikasi oleh Surya Paloh sehingga hanya bisa menampung 18 orang saja. Lalu pesawat kedua pemilik media group ini adalah Embraer 190 yang berkapasitas 16 orang. Pesawat ini pernah dipinjamkan pada Presiden Jokowi untuk kampanye.

5. Jusuf Kalla


Selain dikenal sebagai salah satu tokoh politik disegani, Wakil Presiden Jusuf Kalla juga merupakan seorang pengusaha sukses dari Makassar. Wakil Presiden yang menjabat dua kali memiliki pesawat pribadi jenis jet BAe 146-200. Pesawat yang dimiliki oleh sang wakil presiden memiliki kapasitas 64 penumpang dan dibuat pada tahun 1996. Pesawat buatan Inggris ini dihargai sebesar US$ 11 juta atau setara dengan Rp 146,3 Miliar.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post