-->

Rabu, 01 Maret 2017

Ini Asal Usul Nama 'Kalimantan' dan 'Borneo'

author photo

Tamoranews.com - Pulau Kalimantan merupakan salah satu pulau terbesar di Indonesia, setelah Papua dan Sumatera. Pulau ini terkenal dengan hutan tropisnya yang cukup luas dan menjadi habitat flora dan fauna khas Indonesia. Namun, ternyata orang asing lebih mengenal nama pulau ini sebagai Borneo.

Lalu dari manakah asal nama Kalimantan dan Borneo ini? Ternyata nama Borneo berasal dari nama Brunei. Menurut sebuah catatan dari seorang utusan kerajaan Tiongkok, pada abad 8 hingga ke-9, Kalimantan dikenal sebagai Po-Po-Li, Po-Ni, atau Bun-Lai.

Jelas sekali ada kemiripan nama Bun-Lai dengan Brunei sehingga kemungkinan memang nama ini sudah digunakan sejak masa itu. Namun ada pendapat lain yang menyatakan bahwa nama Borneo berasal dari nama salah satu pohon yang tumbuh di wilayah tersebut pada abad ke-15.

Pohon ini bernama Borneol atau nama lainnya dikenal sebagai pohon Dryobalanops camphora. Pemberian nama Borneo ini berasal dari bangsa Eropa yang kala itu banyak menemukan pohon tersebut di daratan Kalimantan.

Sedangkan Kalimatan yang biasa digunakan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia disebut berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Kalamanthana. Kata-kata ini memiliki arti pulau yang memiliki hawa panas. Nama Kalimantan ini secara resmi digunakan oleh negara karena asal kata bukan dari penjajah.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post