-->

Minggu, 26 Maret 2017

Ini Dia Vihara Tertinggi di Indonesia

author photo

Tamoranews.com - Semarang merupakan kota di Jawa Tengah yang memiliki beragam akulturasi budaya dan agama. Wajar bila akhirnya, banyak orang dari berbagai suku dan agama melakukan wisata religi ke Semarang. Salah satunya ke Vihara Avalokitesvara Buddhagaya Watugong.

Vihara itu terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, tepatnya di depan Markas Kodam IV Diponegoro, Watugong, Semarang. Vihara itu memiliki bangunan atau pagoda tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 45 meter dan masuk rekor MURI.

Ada tujuh tingkatan di pagoda tersebut yang didesain semakin ke atas makin menyempit. Desain arsitektur yang indah, membuat tempat rumah ibadah itu begitu dikagumi oleh berbagai kalangan.

Dengan arsitektur bergaya Tiongkok, pagoda didominasi warna merah lengkap dengan ukiran naga, burung hong, serta kura-kura yang menjadi ciri khas bangunan China kuno.

Patung Dewi Kwam Im/Indonesiakaya.com

Dalam vihara itu juga terdapat patung Dewi Kwam Im, sang dewi cinta kasih. Juga dibangun patung Bodhisattva Avalokiteswara yang berdiri kokoh menghiasi interior bangunan pagoda.

Pada pelataran pagoda, Anda dapat melihat patung Sidharta Gautama duduk di bawah pohon Bodhi yang rindang. Sementara di area belakang terdapat patung Budha tertidur berwarna cokelat dengan pakaian dan tubuh berwarna emas.

Umat Budha juga biasa melakukan ritual Tjiam Shi di pagoda tersebut yaitu sebuah ritual untuk mengetahui nasib manusia. Biasanya para pengunjung yang menyukai ramalan, meminta petugas pagoda untuk membacakan nasib ramalan Tjiam Shi. Caranya, dengan menggoyangkan bambu-bambu yang diberi tanda, hingga salah satunya terjatuh.

Sumber : Indonesiakaya

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post