-->

Selasa, 07 Maret 2017

Mengapa Sehabis Mandi air Hangat, Kita Justru Kedinginan?


Tamoranews.com - Bagi sebagian dari kita, bangun pagi adalah hal yang susah. Tentu akan lebih susah lagi jika temperatur sedang dingin-dinginnya.

Fasilitas water heater di rumah atau sekedar memasak air di teko mungkin bisa jadi solusi mandi pagi di udara dingin. Namun ternyata hal ini tidak selalu benar, karena badan kita akan mendingin seketika setelah kita selesai mandi air panas. Mengapa udara yang awalnya dingin jadi makin dingin layaknya es jika kita habis mandi air hangat?

Jawabannya ternyata adalah soal penguapan. Ketika Anda keluar dari kamar mandi, air yang melekat di kulit Anda akan segera menguap. Namun karena untuk berubah menjadi gas, air membutuhkan panas, uap tersebut langsung menyerap energi panas dari sekitarnya. Hal ini langsung menyebabkan temperatur tubuh langsung menurun. Bahkan tak hanya temperatur tubuh yang turun, energi panas dari kulit kita juga langsung diserap dan membuat kita makin kedinginan lagi!

Air sebenarnya akan selalu menguap. Alasan mengapa penguapan terjadi di luar kamar mandi, karena udara di luar kamar mandi tak selembap di dalam kamar mandi, yang membuat air tak bisa menguap. Hal ini juga didukung dengan air hangat yang menguap lebih cepat ketimbang air dengan temperatur biasa.

Jika udara dingin, penguapan macam ini memang sangat menyebalkan. Namun hal ini cukup membantu di cuaca panas menyengat. Penguapan sehabis mandi, menyebabkan proses keluarnya keringat, yang merupakan mekanisme pendinginan tubuh, makin berjalan dengan lancar.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post