-->

Sabtu, 29 April 2017

Gak Cuma Nasi Padang, Ini 5 Kuliner Lezat Khas Sumatera Barat

author photo

Tamoranews.com - Sumatera Barat khususnya Padang, terkenal memiliki sajian nasi yang lezat. Saking lezatnya, kepopulerannya sudah menjamur hingga ke pelosok nusantara. Tapi, sebagian besar orang hanya tahu sajian kuliner padang sebatas nasinya saja.

Padahal masih banyak makanan dan minuman enak di salah satu provinsi yang ada di Sumatera ini. Nah berikut ini adalah lima kuliner lezat khas Sumatera Barat yang wajib Anda tahu dan cicipi.

Palanai Rinuak


Palanai Rinuak merupakan makanan yang berasal dari Maninjau Agam berbahan dasar ikan runuak yang diberi campuran bumbu dan parutan kelapa. Selanjutnya adonan tersebut dibungkus dengan daun pisang lalu dikukus.

Jika Anda penasaran seperti apa rasanya, cobalah mampir di sebuah kedai bernama Warung Palai Rinuak. Tempat ini cukup mudah ditemukan tepatnya di tepian jalan di pinggir Danau Maninjau.

Sala Lauak


Jika di Jawa ada weci, lain halnya dengan Sumatera Barat. Gorengan satu ini bentuknya bulat dan berbahan ikan asin yang telah dihaluskan. Campuran lainnya berupa tepung beras yang dibumbui bawang putih dan penyedap rasa.

Teksturnya keras di luar dan lunak di dalam. Benar-benar enak dan memanjakan perut. Nah, kuliner khas Pariaman ini sangat mudah ditemukan di daerah Pasir (Pasiah), pesisir Pantai Pariaman.

Gulai Itiak


Anda pencinta bebek? Jangan lewatkan mencicipi Gulai Itiak khas Bukittinggi. Kuliner asal Sumatera Barat ini merupakan makanan yang berupa irisan daging bebek yang tipi dan dimasak bersama dengan bumbu rempah seperti cabe keriting hijau, laos, kunyit dan jahe.

Nah, Anda yang penasaran dengan rasanya, bisa berburu kuliner di warung Gili (Gulai Itiak Lado Ijau) yang berada di Padang.

Nasi Kapau


Nah, jika Anda berkunjung ke Bukittinggi dan tengah mencari makanan enak di sana, coba mampir ke Pasar Lantai Wisata Latai Dasar. Anda bisa menemukan warung yang menyediakan menu masakan khas Sumatera Barat yang enak dan bikin ketagihan.

Menu tersebut bernama Nasi Kapau yang berasal dari Kapau Sumbar. Di sini dijual nasi dengan sambal, lauk pauk, gulai sayur nangka. Meski rupanya sama dengan nasi Padang, namun rasanya berbeda. [Baca: Bukan Cuma Rasa, Ini yang Bedakan Nasi Kapau dan Padang]

Teh Talua


Pernah dengar minuman satu ini? Bukan sembarangan, minuman khas Minangkabau ini merupakan campuran teh dengan talua atau telur dalam bahasa Minang.

Campuran tersebut ditambahkan dengan gula untuk menciptakan rasa manis. Orang Minang percaya jika teh ini dapat menambah stamina. Saat ini, sudah banyak dijual di warung serta restoran ternama. Jadi, cukup berkunjung ke tempat makan, sudah bisa memesannya.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post