-->

Sabtu, 10 November 2012

Google Adwords Vs Facebook Ads : Mana Yang Lebih Baik

author photo
Pemanfaatan media online dapat dijadikan alternative untuk pemasaran ditengah-tengah mahalnya pemasaran offline. Media pemasaran online seperti periklanan memungkinkan para pemilik usaha untuk menujukan iklan mereka secara spesifik target pasar yang dituju.


Sekarang kita akan fokus membahas tentang perbedaan masing-masin jasa periklanan yang paling popular di internet yaitu Google Ads ( dikenal Juga sebagai Google Adword) dan Facebook Ads
Anda bisa membaca keuntungan Media Periklanan online dibandingkan offline.

Google Adwords

Google adword berada langsung dibawah operasional Google Inc, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang pencarian internet. Google adword disinyalir sebagai media periklanan terbesar di dunia berdasarkan situs comscore.com.
Jika kita beriklanan di Google Adword, kemungkinan besar iklan kita akan ditampilkan ke seluruh jaringan google yang disebut google adsense. Termasuk di youtube, Gmail dan Google search

Kelebihan Google Adsense

  • Iklan akan ditampilkan kepada orang-orang yang tertarik atau setidaknya sedang mencari informasi yang berkaitan dengan iklan tersebut. Iklan seperti ini sering disebut Contekstual Ads yakni iklan yang akan ditampilkan berdasarkan Isi konten dari situs tersebut
  • Iklan akan gratis jika hanya dilihat oleh orang lain. Jadi anda hanya perlu membayar jika dan hanya jika orang tersebut mengklik iklan yang sedang ditampilkan
  • Teknologi Muktahir untuk mencegah terjadinya kecurangan. Teknologi google yaitu doubleclick akan mencegah iklan yang anda tampilkan untuk diklik oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
  • Anda dapat memilih beriklan di google search atau di jaringan google. Beriklan di google search maka iklan anda ditayangkan berdasarkan apa yang sedang di cari orang. Misalnya jika orang sedang mencari sepeda di google, maka iklan anda akan ditampilkan oleh pihak adword, dan ini biasanya memiliki tingkat konversi yang lebih tinggi dari pada jaringan iklan google lainnya

Kekurangan Google Adsense

  • Anda tidak dapat menargetkan iklan secara spesifik kepada para pengguna sesuai kriteria anda. Misalkan anda sedang beriklan tentang sepeda sport untuk dewasa sehingga target anda adalah pria diatas 20 tahun, memiliki pekerjaan, cinta terhadap sepeda dan olahraga akan mustahil anda tujukan menggunakan google adword. Jika iklan anda ditampilkan hanya berdasarkan wilayah dan keyword akan sangat memperkecil tingkat koversi iklan anda.
  • Biaya yang lebih mahal. Jika dibandingkan dengan media periklanan lainnya yang ada di internet, Google adword adalah cukup mahal. Berbeda halnya dengan facebook yang 5 kali lebih murah dari google adword.

Facebook Ads

Sejak facebook muncul sebagai jejaring sosial terbesar didunia dan akan mencapai 1 miliar pengguna, facebook menawarkan inovasi dalam periklanan online. Selain harga yang relatif murah, facebook dapat memuat iklan sesuai dengan kriteria minat penggunanya.
Singkat kata tingkat konversi iklan facebook jauh lebih tinggi dari media periklanan apapun di internet

Kelebihan Facebook Ads

  • Anda bisa menempatkan dan menujukan iklan yang anda buat ke target yang lebih spesifik. Jika anda seorang penjual sepeda, maka sangat memungkinkan untuk menujukan iklan secara langung kepada pengguna facebook. Seperti wilayah, perkerjaan, jenis kelamin, minat orang tersebut, umur dan banyak lagi.
  • Harga Iklan Yang Jauh Lebih Murah. Facebook Ads menawarkan anda untuk dapat beriklan dengan biaya 5 kali lebih murah dibandingkan periklanan internet lainnya. Hal ini dikarenakan bahwa facebook tidak harus membagikan pendapatan iklannya kepada pihak publisher karena tidak memilikinya. Semua iklan mulai dari pembuatan sampai penayangan dilakukan di situs facebook tanpa pihak ketiga.
  • Jenis Iklan yang lebih bervariatif. Saat ini facebook memang belum meluncurkan jenis iklan Flash dan banner gambar. Tapi ada alternatif dari facebook seperti berita sponsor dan iklan facebook page. Tipe iklan ini dapat membangun komunitas yang menyukai usaha dan produk anda.

Kelemahan Facebook Ads

  • Sulit untuk menempatkan iklan berdasarkan keyword. Facebook Ads memang memungkinkan anda untuk menempatkan iklan sesuai keyword, tapi itu akan sulit karena facebook kebanyakan berupa status dimana status orang selalu berbeda-beda sehingga akan menimbulkan keyword yang bertabrakan. Namun jika iklan dimunculkan dalam grup dan fanpage, maka masih bisa disesuaikan berdasarkan keyword. Misalkan ketika kita membuka Fans Page Komunitas sepeda, rata-rata iklan yang ditampilkan dalam fans page tersebut merupakan iklan sepeda.
  • Tidak Ada Banner dan Flash. Iklan banner flash merupakan iklan yang paling banyak diminati setelah iklan teks. Dengan iklan flash atau banner, pengiklan akan dapat menyampaikan iklannya secara interaktif dan menarik sehingga menumbukan minat kepada calon pelanggan. Facebbok saat ini belum mengijinkan iklan tersebut.
Itu Hanyalah beberapa penjelasan dari kelebihan google adword dan facebbok Ads. Intinya kedua periklanan ini benar-benar berbeda dan menggunakan teknologi yang berbeda pula. Jika anda ingin menggunakan jasa tersebut, ada baiknya untuk menelusuri lebih lanjut siapa target pasar anda.
Jika anda membuka sebuah restoran, ada baiknnya membangun komunitas restoran anda menggunakan facebook page dan facebook Ads sekaligus menjalankan iklan sesuai keyword di google adword. Ketika anda berhasil menggabungkan kedua teknologi google dan facebook, maka akan menjadi jalan menuju kesuksesan usaha anda.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post