iPhone 5 dan Angry Birds merajai daftar gadget dan game paling banyak dicari user asal Indonesia di mesin pencari Google.
Google Indonesia melansir daftar-daftar pencarian terbanyak selama tahun 2012. Daftar yang diberi nama Zeitgeist (dari bahasa Jerman yang berarti “semangatnya suatu zaman”) itu menunjukkan, banyak orang Indonesia menggunakan layanan Google sebagai sarana untuk mencari berita dan informasi terbaru, belajar mengenai tokoh dan produk yang menarik serta menemukan hal-hal yang baru. Daftar Zeitgeist juga mendata 10 gadget paling dicari user asal Indonesia, atau terpopuler di Indonesia.
Daftar-daftar tersebut didapat dari sekitar 1 triliun permintaan pencarian yang diterima Google dari user asal Indonesia selama 1 tahun terakhir. Berikut ini adalah daftar kata kunci dari gadget dan game yang paling sering dicari user asal Indonesia di mesin pencari Google:
Gadget Terpopuler
1. iPhone 5
2. Nexian
3. Nokia X2
4. Nokia Lumia
5. Samsung Galaxy S3
6. Samsung Galaxy Ace
7. Nokia X2-03
8. Samsung Galaxy Young
9. iPhone 4s
10. Nokia Asha
Game Terpopuler
1. Angry Birds
2. MotoGP 2012
3. Gemscool Lost Saga
4. Dragon Nest
5. Dragon City
6. UEFA EURO 2012
7. Angry Birds Space
8. Empires
9. Bubble Ninja
10. Bad Piggies
Selain pencarian melalui perangkat komputer desktop, Google juga mendata pencarian yang dilakukan melalui perangkat mobile, seperti ponsel maupun tablet, yang memberikan pandangan lain dari kebutuhan informasi yang berbeda.
Diketahui, banyak pengguna internet lewat perangkat mobile mencari restoran, layanan penerjemahan, ATM, hotel dan kegiatan menarik lainnya yang diperlukan ketika mereka bepergian. Namun, busana wanita dan permainan (games) menunjukkan bahwa masih ada beberapa waktu luang yang memungkinkan pengguna untuk melakukan pencarian lainnya.
Istilah Pencarian Terpopuler pada perangkat Seluler
1 Restaurants
2 Translate
3 ATMs
4 Attractions
5 Hotels
6 Opera Mini
7 Bars
8 Gas Stations
9 Fashion Wanita
10 Games
Rudy Ramawy, Country Head Google Indonesia, dalam siaran pers yang dikirimkan Rabu (12/12) mengatakan, “Google Zeitgeists tahun ini menunjukkan pertumbuhan yang tinggi dan berkelanjutan dari penggunaan internet di Indonesia. Zeitgeist akhir tahun ini adalah barometer budaya yang memberikan kita gambaran nyata dari berbagai peristiwa besar, kenangan yang tak terlupakan dan berbagai tren yang sedang berkembang di Indonesia untuk tahun 2012.”
Di siaran pers Google juga menyatakan, alat Google Zeitgeist tidak dapat digunakan untuk mengidentifikasi pengguna secara individu karena mengandalkan jumlah agregat dan anonim dari seberapa seringnya sebuah istilah pencarian muncul dari waktu ke waktu. Alat ini tersedia sepanjang tahun di google.com/zeitgeist.
This post have 0 komentar
EmoticonEmoticon