-->

Selasa, 19 November 2013

4 Hal Yang Harus Diketahui Untuk Menarik Investor Asing

author photo

Kami telah menulis cukup banyak cerita tentang kegagalan startup. Beberapa dapat bangkit dan belajar dari pengalaman ini, sementara yang lain tidak mendapat kesempatan itu. Di Demo Day yang diselenggarakan oleh inkubator Filipina Ideaspace Philippines, Derek Wong dari Burrill & Company, investment manager LGT Venture Philatrophy Joan Yao, dan regional manager IMJ Fenox di Indonesia Yasuhiro Seo, menjabarkan informasi yang wajib diketahui startup di Asia. Berikut adalah nasihat mereka untuk startup yang perlu untuk dipertimbangkan, khususnya untuk menarik investor asing:

Produk dan nilainya

Kebanyakan startup mencoba menjawab sebuah permasalahan sosial di negara atau kawasan mereka. Tentu saja, investor mencari solusi yang mempunyai potensi tinggi untuk tumbuh. Hal ini bisa dilihat pada dampaknya ke pelanggan yang dapat membuat startup bertahan. Tapi bagaimana investor internasional benar-benar memahami hal ini?

Derek, yang tinggal di Amerika, mencari startup yang mampu memahami solusi yang dibangun startup untuk kawasannya,

Yasuhiro menambahkan kebanyakan negara di wilayah ini baru dalam tahap lahir. Ia menjelaskan:

"Bagi investor, membawa aset kami saja tidak cukup. Tiap perusahaan mempunyai budaya sendiri, jadi kami mencoba untuk mencocokkannya dengan pengguna di setiap negara. Kami mencoba memahami kebiasaan pengguna."

Sebelum membangun produk, tim dapat bertanya pada diri sendiri, mengapa solusi seperti itu penting bagi orang-orang? Ketika founder bisa menjawab pertanyaan untuk dirinya sendiri, mereka harus menyampaikan ini secara efektif kepada investor, yang mungkin tidak perlu tahu banyak tentang budaya di negara tau wilayah yang spesifik. Dengan melakukan ini, investor akan lebih mudah melihat potensi tumbuh produk tersebut, yang biasanya menggambarkan jumlah pengguna yang akan didapat dari populasi pasarnya.

Passion

Merumuskan ide adalah bagian paling sederhana dalam membangun startup. Seringnya, tantangan muncul setelah ide. Konflik mungkin akan muncul saat menciptakan prototipe produk memvalidasi pasar, misalnya. Dan sebagai seorang investor, Derek mengatakan:

"Memulai sebuah perusahaan sangatlah sulit. Anda akan menemui rintangan dengan sangat cepat. Jadi ketika Anda ingin sesuatu, maka Anda harus sangat menginginkannya."

Saking inginnya sampai tidak ingin ada masalah yang bisa menggagalkannya. Seorang entrepreneur yang passionate akan bekerja keras untuk membuat perusahaannya tetap berjalan, memberikan nilai yang bisa dibawa untuk pasar yang spesifik.

Keahlian memahami orang

Orang adalah aspek terpenting ketika membangun startup. Butuh seseorang atau sekelompok orang yang mempunyai kemampuan untuk menciptakan ide dan teknologi yang disruptif untuk membuat startup berjalan. Itulah mengapa, bagi Derek, orang adalah aspek terpenting untuk sebuah startup.

Startup harus membuat sebuah usaha untuk mengumpulkan sekelompok orang-orang yang baik. Joan mengatakan, Tidak cukup satu orang. Entrepreneurship adalah dunia yang keras. Anda harus membentuk tim dengan orang-orang yang punya keahlian yang relevan. Ia menambahkan:

"Anda menemukan banyak orang dengan niat yang luar biasa. Yang biasanya terlewatkan adalah tukang promosi. Mampu berbicara tentang bisnis dengan cara yang menarik."

Tentunya, untuk menarik investor, sebuah solusi yang bagus saja tidak cukup. Diperlukan setidaknya satu orang dalam tim yang mempunyai kemampuan untuk mempresentasikan dan menjual produknya kepada investor.

Persiapan

Bersiaplah untuk gagal. Meski optimisme adalah kunci kesuksesan, tapi kenyataan memang pahit. Terkadang, banyak hal yang tidak berjalan sesuai rencana gangguan teknologi yang tak terduga, kurangnya dana, dan lainnya. Bersiaplah untuk berbagai kemungkinan dan bersiaplah dengan rencana cadangan jika sewaktu-waktu hal yang buruk terjadi. Dari aspek dana, Derek mengatakan bahwa startup harus berpura-pura mereka tidak akan pernah mendapatkan pendanaan.

Tapi di catatan yang lebih melegakan, Joan percaya saat ini banyak investor asing yang melirik Asia Tenggara. Startup harus menyelesaikan masalah terkait pendanaan pada waktu yang tepat. Joan menasihati startup untuk tidak mencari dana ketika benar-benar kehabisan dana. Aturan praktis yang baik adalah untuk mencari dana enam bulan sebelumnya. Ia menambahkan:

"Saya tidak berpikir bahwa menjangkau VC global adalah sesuatu yang tidak mungkin. Jika Anda siap maka lakukanlah."

Artikel ini pertama kali terbit di ID Tech in Asia

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post