-->

Minggu, 02 Maret 2014

8 Taman Nasional Paling Cantik di Eropa

author photo
Eropa tak cuma punya banyak bangunan bersejarah saja. Siapa sangka, ada 8 taman nasional yang sangat cantik di sana dengan fenomena keajaiban alam dari danau paling cantik di dunia hingga lanskap seperti Planet Mars.

Tidak hanya Asia atau Afrika yang punya banyak taman nasional cantik. Saat melancong ke Eropa, ada taman-taman nasional yang menarik untuk dikunjungi di tiap negaranya. Bahkan, banyak yang bilang kalau beberapa taman nasionalnya punya fenomena tiada dua. Dilongok dari The Huffington Post, inilah 8 taman nasional paling cantik di Eropa:

1. Taman Nasional Vatnajoekull, Islandia


Islandia punya Taman Nasional Vatnajoekull seluas 1,3 juta hektar. Taman nasional yang sangat luas ini didominasi oleh es. Di sinilah terdapat gletser, yaitu bongkahan es yang besar yang terbentuk di atas permukaan tanah dan merupakan akumulasi endapan salju yang membatu dalam waktu yang lama. Bentuknya pun sangat besar!

Itulah yang jadi daya tarik Taman Nasional Vatnajoekull. Anda bisa menyusuri bongkahan es yang besar di sana, rasanya bongkahan tersebut bagaikan gua es raksasa saja. Tapi ingat, jangan lupa meminta pemandu setempat demi keamanan ya.

2. Taman Nasional Gennargentu, Italia


Mungkin, Anda akan berpikir kalau foto di atas adalah pantai di negara tropis. Jangan salah, pantai dengan pasir putih dan perairan laut biru jernih tersebut adalah bagian dari Taman Nasional Gennargentu di Teluk Sardinia, Italia.

Anda bisa trekking menjelajahi tebing-tebing tinggi di sana, berjemur di pantai yang berpasir putih, berenang di tepian pantai, atau naik perahu menyusuri teluk-teluk kecil. Tak ada yang membantah kecantikan taman nasional ini.

3. Taman Nasional Plitvice, Kroasia


Taman Nasional Plitvice di Kroasia ditetapkan jadi Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1979. Selain itu, taman nasional ini disebut-sebut punya danau paling cantik di dunia bernama Danau Plitvice.

Luas taman nasionalnya sendiri mencapai 296 km persegi dan berada di Provinsi Karlovac. Turis yang datang ke sana pasti menyempatkan diri untuk melihat danaunya. Asal tahu saja, Danau Plitvice adalah kumpulan 20 danau kecil yang membentuk satu danau besar. Lalu, danau-danaunya seolah terhubung dengan air terjun. Menakjubkan!

Air danaunya yang berwarna hijau toska mampu membuat siapa saja tertegun melihatnya. Apalagi, ada perpaduan pemandangan air terjun, pepohonan hijau dan tebing-tebing tinggi. Siapa yang tidak jatuh cinta dengan pemandangan seperti ini?

4. Taman Nasional Jostedalsbreen, Norwegia


Tak hanya Islanda saja yang punya taman nasional dengan gletser yang besar. Taman Nasional Jostedalsbreen di Sogn og Fjordane, Norwegia juga punya gletser yang jadi terbesar di Eropa. Luas taman nasionalnya sendiri adalah 1.310 km persegi. Tapi ternyata, hampir setengah wilayah taman nasional ini adalah gletser seluas 800 km persegi. Wow! Uniknya, Anda bisa merasakan petualangan yang lengkap saat datang ke Taman Nasional Jostedalsbreen. Begitu tiba di pintu masuknya, Anda bisa trekking menjelajahi hutan yang lebat, kemping di dekat air terjun, lalu terakhir menjelajahi gletser di sana.

5. Taman Nasional Berchtesgaden, Jerman


Taman Nasional Berchtesgaden di Jerman menjanjikan panorama alam yang dahsyat. Jika Anda datang ke sana, maka bersiaplah berdecak kagum melihat lembah Pegunungan Alpen berwarna hijau dan pegunungan bersalju. Sempurna!

Taman nasional ini memiliki luas sekitar 200 km persegi dan ada di perbatasan Jerman-Austria. Satu lagi, Taman Nasional Berchtesgaden punya Danau Konigssee yang airnya sebening kristal. Taman Nasional Berchtesgaden pun sudah ditetapkan sebagai Cagar Biosfer UNESCO.

6. Taman Nasional Timanfaya, Spanyol


Taman Nasional Timanfaya di Lanzarote, Spanyol bukanlah taman nasional biasa. Banyak wisatawan bilang, taman nasional ini punya lanskap seperti Planet Mars!

Terang saja, pemandangan tanah dan bebatuan yang berwarna merah dan hitam di sana mengingatkan Anda seperti lanskap Planet Mars. Pemandangan itu terlihat di sekitar kawasan gunung berapi yang ada di dalam taman nasionalnya.

Tak hanya itu, rupanya Taman Nasionl Timanfaya punya temperatur tanah yang sangat panas, hingga 1.000 derajat Celcius. Jangan heran, Anda bisa memanggang daging di atas tanahnya hingga matang.

7. Taman Nasional Lake District, Inggris


Mungkin, Anda tak akan menyangka Inggris punya tempat secantik ini. Inilah Taman Nasional Lake District di Cumbria seluas 2.200 km persegi yang punya padang rumput dan hutan bagaikan permadani hijau dari ketinggian.

Suasana pedesaan di sana sangat syahdu dan udaranya masih sangat segar. Danau yang ada di tengah taman nasionalnya membuat pemandangan lebih elok dilihat.

Usut punya usut, rupanya kawasan taman nasional ini pernah jadi tempat mencari inspirasi bagi penyair Inggris di abad ke-19. Tak sedikit yang menyebut, kalau Taman Nasional Lake District bagaikan sebuah 'Negeri Dongeng'.

8. Taman Nasional Triglav, Slovenia


Satu taman nasional paling cantik di Eropa adalah Taman Nasional Triglav yang seluas 880 km persegi. Inilah satu-satunya taman nasional yang ada di negara tersebut dan berada dalam rangkaian Pegunungan Alpen.

Ada pegunungan hijau, padang rumput dan sungai yang membentang panjang di sana. Di dalam taman nasionalnya juga ada desa yang terkenal dengan keramahtamahan penduduknya. Wisatawan yang datang ke sana bisa trekking dan menghabiskan malam dengan berkemah. Suasana di sana masih sangat alami, karena belum banyak turis yang datang.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post