-->

Jumat, 03 Februari 2017

10 Nama Desa Lucu dan Unik di Indonesia

author photo

Tamoranews.com - Setiap daerah memiliki penyebutan desa yang berbeda, seperti kampung, dusun, banjar atau jorong. Namun terlepas dari penyebutan itu, desa-desa berikut ini ternyata cukup membuat Anda takjub, karena penamaan wilayah yang unik.

Misalnya saja, Dusun Koplak yang terletak di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lucu memang. Koplak dalam bahasa Jawa artinya bodoh, dan biasa diucapkan saat bersenda gurau dengan teman.

Selain Dusun Koplak, ada sembilan desa lagi yang punya nama unik dan lucu. Semua nama desa tersebut bahkan ditulis dalam situs pemerintahan dan wikipedia, sebagai bukti atau catatan ada-tidaknya penamaan itu.

Berikut daftarnya 10 Nama Desa Lucu dan Unik di Indonesia.

1. Desa Tutup

Desa Tutup terletak di Kabupaten Blora, Kecamatan Tunjungan, Jawa Tengah. Desa yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto Km2 memiliki luas desa sekitar 312,5 hektar itu tidak tutup. Desa Tutup tetap buka saat jam kerja.

2. Desa Pocong

Desa Pocong memang benar ada. Lokasinya di Kecamatan tragah, Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur. Dulunya desa ini tak punya banyak penduduk dan penuh dengan semak belukar.

Sampai ada orang meninggal yang dikuburkan, terlihat mondar-mandir menggunakan kain kafan atau pocongan, di dekat hutan dan semak belukar.

3. Desa Dukun

Desa Dukun adalah sebuah wilayah desa yang terletak di Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang Provinsi Jawa Tengah. Secara geografis, Desa Dukun berada di sebelah barat lereng Gunung Merapi.

Meski terkesan mistis, namun desa ini punya jargon, yaitu 'Terwujudnya Desa Dukun BERES: Bermartabat Religius Sehat'

4. Desa Kasmaran

Desa ini dibentuk enam tahun lalu dan masuk di Kabupaten Banjarnegera, Jawa Tengah. Nama Kasmaran diketahui diberikan oleh tokoh Semar dalam Pewayangan, yaitu Kyai Semar. Kasmaran dapat diartikan sebagai ketertarikan, terpikat, jatuh cinta.

5. Desa Pacar Peluk

Hati-hati, jangan langsung berpikiran negatif dulu ya! Desa ini memang ada dan letaknya di Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

6. Desa Timbun Tulang

Mendengar namanya memang cukup menyeramkan. Tapi Anda jangan takut, desa ini punya penduduk permanen kok. Letak desa ini di kecamatan Batu Mandi, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan.

7. Desa Kandang Sapi


Kandang Sapi merupakan salah satu dari 20 kecamatan yang ada di Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Desa itu masuk dalam Kecamatan Jenar.

8. Desa Siluman

Siluman adalah desa di Kecamatan Pabuaran, Subang, Jawa Barat. Sebagain besar penduduknya bermatapencaharian sebagai petani. Industri rumahan yang berkembang adalah pengrajin meubeler.

9. Desa Bokong

Bokong adalah desa yang berada di Kecamatan Toianas, Kabupaten Timor Tengah Selatan, Nusa Tenggara Timur (NTT). Berdasarkan data Badan Permasyarakatan dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten TTS, Desa Bokong dihuni oleh 1.014 jiwa.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post