-->

Jumat, 03 Februari 2017

Palembang, Kota Tertua di Indonesia dan Dunia

author photo
Palembang Tempo Dulu (atlasofmutualheritage.nl via wikipedia)

Tamoranews.com - Indonesia boleh berbangga. Selain memiliki pulau karang terbesar ketiga di dunia, negeri ini juga punya kota tertua di Indonesia bahkan di dunia.

Kota itu adalah Palembang yang menjadi Ibu Kota Provinsi Sumatera Selatan. Kota yang juga terbesar kedua di Sumatera dan Medan itu diakui tertua di dunia, berdasarkan data yang dikumpulkan dalam laman Thrillist.com.

Laman itu menyebutkan, Palembang menjadi salah satu dari 10 kota tertua di dunia. Kota ini pernah menjadi ibu kota kerajaan bahari terbesar di Asia Tenggara, Sriwijaya.


Saat itu, Kerajaan Sriwijaya mendominasi Nusantara dan Semenanjung Malaya pada abad ke-9, hingga membuat kota ini dikenal dengan julukan 'Bumi Sriwijaya'.

Bukan hanya itu saja, Palembang juga menjadi rute penting perdagangan antara Cina dan India dan tempat berlabuhnya para pedangang dari Jepang, India, Arab, dan Melayu. Kota itu juga menjadi pintu gerbang penyebaran Islam.

Jadi kira-kira berapa usia Kota Palembang saat ini? Berdasarkan catatan sejarah di laman tersebut, Palembang sudah berdiri sejak tahun 682 yang berarti usianya saat ini sudah 1.334.

Nah orang-orang Eropa yang ke Palembang menjuluki kota itu sebagai Venice of The East yang artinya Venesia dari Timur.

Itu karena mereka melihat Palembang sebagai kota yang penuh dengan air. Misalnya saja adanya sungai musi yang membelah kota dengan anak-anak sungainya yang mengalir.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post