-->

Jumat, 03 Februari 2017

Ini 5 Jenis Kopi Asli Indonesia yang Mendunia

author photo

Tamoranews.com - Indonesia adalah Negara Khatulistiwa yang memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa. Begitu juga dengan tumbuhan yang dihasilkan, sangat berlimpah dan bermanfaat. Salah satunya kopi.

Kopi adalah sejenis minuman yang berasal dari proses pengolahan dan ekstraksi biji tanaman kopi. Berwarna hitam, aroma yang menggoda, dan rasa pahit memiliki keunikan tersendiri.

Di Indonesia terdapat berbagai jenis kopi yang tersebar di seluruh Nusantara, dan beberapa dari jenis kopi tersebut bahkan telah sampai ke mancanegara dan terkenal di dunia.

Inilah beberapa jenis kopi asli Indonesia yang telah terkenal di dunia yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Kopi luwak


Kopi paling fenomenal dari Indonesia karena keunikan rasa dan cara pengolahannya ini sudah terkenal ke penjuru dunia. Biji kopi yang melewati rangkaian proses fermentasi dalam pencernaan binatang luwak, menghasilkan cita rasa dan aroma yang berbeda dengan kopi jenis lainnya.

Walaupun kopi luwak dibanderol dengan harga yang cukup mahal, banyak orang rela mengeluakan uang lebih untuk membeli kopi ini.

2. Kopi jawa


Kopi jawa (java coffee) merupakan kopi yang berasal dari Pulau Jawa. Merupakan kopi yang sangatlah terkenal dan telah mendunia sejak abad ke-17. Kopi ini pertama kali dibudidayakan oleh Kolonial Belanda dan masih terkenal sampai saat ini. Kopi jenis arabika ini memiliki rasa yang kuat, pekat, dan rasa khas, yang membuatnya sangat terkenal dari dulu hingga sekarang.

3. Kopi gayo


Kopi ini berasal dari dataran tinggi Gayo Aceh. Kopi gayo yang ditanam pada ketinggian 1.200-1.700 mdpl, dengan perkebunan dan produksi kopi terbesar di Indonesia, juga dunia untuk jenis kopi arabica.

Kopi gayo dari varietas arabica telah menerima sertifikat IG (Indikasi Geogafis) diserahkan oleh Menteri Hukum dan HAM Indonesia. Kemudian pada Event Lelang Special Kopi Indonesia tanggal 10 Oktober 2010 di Bali, kembali kopi arabika gayo memperoleh peringkat tertinggi saat cupping score.

Sertifikasi dan prestasi tersebut kian memantapkan posisi kopi gayo sebagai kopi organik terbaik di dunia. Meski terjadi krisis di Eropa, tak mengurangi permintaan kopi asal Gayo di pasar dunia.

Kopi dari Gayo juga merupakan kopi termahal di dunia, ini terbukti pada saat pameran kopi dunia yang diselenggarakan organisasi Speciatty Coffee Association of America (SCAA) di Portland, Oregon Convention Center, Amerika Serikat.

4. Kopi wamena


Jenis kopi papua ini adalah merupakan salah satu jenis kopi produks asli Indonesia yang telah mulai dikenal di seluruh dunia. Tanah Papua memang menyimpan berbagai kekayaan alam.

Jenis kopi arabika wamena ini tumbuh secara alami di lembah Baliem daerah pegunungan Jayawijaya, lokasinya cukup tinggi dengan suhu yang berkisar 15-25 derajat celcius.

Tidak heran kalau kopi ini termasuk dalam kategori kopi berkualitas karena aromanya harum, tekstur halus serta after taste yang cukup manis, berbeda dengan kebanyakan kopi lainnya.

Bahkan beberapa pencinta kopi menyandangkan kopi ini sejajar dengan kopi Jamaica Blue Mountain, yang merupakan kopi arabika premium asal Jamaica. Sejak tahun 2010, produksi kopi wamena ini diekspor ke daratan Amerika, Singapura, Jepang dan Ausralia dan terus berkembang sampai sekarang.

5. Kopi sidikalang


Nama "Sidikalang" diambil dari nama sebuah kecamatan di Kabupaten Dairi, Sumatera Utara. Kopi sidikalang ditanam di daerah Bukit Barisan di bawah udara yang sejuk dan tanah yang kaya mineral sehingga tak heran jika menghasilkan kopi dengan kualitas terbaik.

Kopi Sidikalang masuk ke dalam jajaran salah satu kopi terbaik dunia dan banyak yang menyandingkannya dengan kopi kualitas Brasil. Karena tumbuh di area vulkanis, kopi ini menjadi terasa istimewa karena rasa dan aromanya benar-benar menggoda.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post