-->

Jumat, 03 Februari 2017

Wajib Tahu, Ini Arti di Balik Nama-nama Orang Bali

author photo

Tamoranews.com - Nama-nama khas Bali ini, mulai dari Wayan, Made, Nyoman, Ketut, Ida Bagus, ternyata memiliki arti dan makna dibaliknya.

Bicara soal Bali, tidak akan pernah habis untuk mengulas mengenai sejarah, kebudayaan, dan masyarakatnya. Jika Anda berada di Bali, tentu sering mendengar nama-nama khas Bali ini, mulai dari Wayan, Made, Nyoman, Ketut, Ida Bagus, dan sebagainya.

Dilansir dari Goodnewsfromindonesia yang ditulis oleh Akhyari Hanato, Minggu 18 Desember 2016, ternyata nama-nama itu bukan sekadar 'nama', tetapi memiliki arti dan makna dibaliknya. Dimulai dari I dan Ni, hurut I di depan nama wayan misalnya, adalah kata yang bermakna laki-laki.

Sementara kata sandang penanda kelamin wanita adalah Ni. I dan Ni juga bermakna seorang pria dan wanita dari keluarga masyarakat kebanyakan atau keluarga tidak berkasta. Jika ia terlahir di keluarga penempa besi, maka orang Bali ini bernama Pande.

Namun bila di depan Wayan terdapat gelar Ida Bagus, ia tentu terlahir di keluarga Brahmana. Ida Bagus memiliki arti tampan atau terhormat. Apalagi jika ia bergelar nama Anak Agung, pastilah orang tersebut terlahir di keluarga bangsawan.

Nama Wayan berasal dari kata 'Wayahan' yang artinya paling matang. Titel anak kedua adalah Made yang berasal dari 'Madia' yang berarti tengah. Lalu anak ketiga dipanggil Nyoman yang secara etimologis berasal dari kata 'uman' bermakna sisa atau akhir.

Jadi menurut pandangan hidup orang Bali, sebaiknya sebuah keluarga memiliki tiga anak saja dan disarankan lebih bijaksana setelah memilikinya. Namun zaman dulu tidak ada obat yang bisa mencegah kehamilan, maka banyak juga orang Bali yang memiliki anak lebih dari tiga.

Jika mereka mempunyai anak keempat biasanya bergelar Ketut, yang diambil dari kata 'Kitut' bermakna pisang kecil di ujung terluar dari sesisir pisang. Artinya ia adalah anak 'bonus' yang tersayang.

Nah untuk anak kelima, biasanya mereka akan kembali ke siklus awal. Yang berarti nama anak kelima bergelar Wayan, keenam Made, dan seterusnya. Namun jika bicara lebih rinci, ketiga titel hirarki kelahiran orang Bali memiliki sinonim; untuk Wayan bisa juga disamakan dengan Putu, Kompiang, atau Gede.

Lalu untuk Made bisa dipanggil Kadek atau Nengah dan untuk Nyoman bisa dipanggil Komang. Sementara nama Ketut yang istimewa tak bersinonim.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post