-->

Rabu, 22 Maret 2017

Ini Kolam Renang Pertama di Indonesia

author photo

Tamoranews.com - Renang tentu menjadi aktivitas yang paling disukai orang pada umumnya. Namun terlepas dari aktivitas itu, tahukah Anda asal-usul munculnya kolam renang di Indonesia?

Ternyata kolam renang pertama di Indonesia terletak di Bandung. Bila belum diratakan dengan tanah dan diubah menjadi pusat perbelanjaan favorit wisatawan, usia kolam renang itu sudah lebih dari 105 tahun.

Dikutip laman Gusper.weebly.com sekitar 1910-1920-an, kolam renang itu awalnya hanya diperuntukkan bagi orang Belanda, Eropa, serta bangsawan dari kalangan pribumi saja. Kolam renang milik Nyonya Homann, istri pemilik Hotel Savoy Homann yang dibangun pada 1904.

Selain menjadi tempat berenang, kolam renang itu juga kerap dimanfaatkan untuk tempat fashion show muda ternama. Saat itu, nama kolam renang itu adalah Pemandian Tjihampelas.


Lalu pada 1940-an, di masa pendudukan Jepang, kolam renang itu dibuka untuk umum termasuk warga pribumi. Kolam renang itu juga ikut berpengaruh terhadap terbentuknya Persatuan Renang Seluruh Indonesia. Bandung bisa disebut sebagai daerah yang memulai kegiatan olah raga renang saat itu.

Misalnya pada 1917, Perserikatan Berenang Bandung (Bandung Bandungse Zwembond) mulai dibentuk dan membawahi beberapa perkumpulan atau klub renang di sekolah. Setahun kemudian menyusul Perserikatan Berenang Jawa Barat (West Java Zwemond).

Lalu terbentuk Klub Renang Neptunus yang beranggotakan warga Belanda dan berdiri pada 1930-an. Ternyata perkembangan olah raga renang terus bergerak maju hingga 21 Maret 1951, lahirlah Persatuan Berenang Seluruh Indonesia (PBSI) di Semarang. Kemudian pada 14 Februari 1952, Klub Renang Aquarius terbentuk dan sejak saat itu, dunia renang terus berkembang.


Di tahun yang sama atau pada 1952, terdaftar 29 perkumpulan renang di PBSI. Salah satunya merupakan Perkumpulan Renang Neptunes yang beranggotakan orang-orang Belanda dan berlatihan di Cihampelas. Perkumpulan itu lebih mengkhususkan polo air dengan banyaknya pemain Aquarius yang tercatat sebagai pemain nasional.

Walaupun dalam renang yang tidak begitu menonjol, tetapi tidak sedikit medali dari renang yang dipersembahkan untuk Jawa Barat. Juga dalam event nasional seperti PON dan Kejuaraan Nasional lainnya.

Di samping pemain polo air, beberapa atlet pun merangkap sebagai perenang andalan Jawa Barat, antara lain Velentinus, Anton S Hadiarja, Bdan illy AS.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post