-->

Selasa, 07 Maret 2017

Ini Perbedaan Dari Berbagai Jenis USB yang Umum Digunakan


Tamoranews.com - Sebagian besar komputer dan berbagai perangkat elektronik memiliki koneksi USB. Bahkan seringkali ada kabel-kabel berbeda untuk koneksi USB yang berbeda pula.

Seringkali kita bingung, mengapa USB yang merupakan "Universal Serial Bus" ternyata punya banyak jenis dan tak hanya diwakilkan secara universal oleh satu kabel saja. Apa perbedaannya dari jenis satu dengan jenis yang lain? Hal ini penting untuk Anda ketahui karena perbedaan jenis ini mengacu pada pengembangan teknologi USB dan perangkat yang menggunakan teknologi ini yang juga makin canggih. Jadi, kabel yang Anda pakai sekarang ini mungkin akan hilang dalam waktu dekat.

Berikut beberapa tipe dari USB.


Type-A

Kebanyakan konektor USB yang kita pakai sekarang menggunakan USB type-A. Mulai dari keyboard dan mouse di PC, hingga kabel transfer data dan charging untuk smartphone kita.

Type-B

Konektor dengan bentuk hampir 'persegi' ini, sepertinya agak jarang dipakai. Kegunaannya biasanya sama dengan type-A di mana berbagai perangkat yang terhubung ke komputer, smartphone dan kamera digital menggunakan USB type-B.

Mini-USB

Mini-USB adalah konektor standar untuk perangkat-perangkat mobile. Mini-USB lebih kecil ketimbang USB reguler, dan digunakan di perangkat kecil seperti smartphone, atau kamera digital. Mini-USB kini sudah ditinggalkan dan sebagian besar kini menggunakan micro-USB.

Micro-USB

Pembenahan bentuk dari Mini-USB, dan telah disepakati oleh banyak pabrikan untuk memproduksi berbagai perangkat mobile-nya dengan USB tipe ini. Bentuk USB inilah yang terdapat pada charger smartphone kita. Sebagai tambahan, hanya Apple yang tak menggunakan USB tipe ini.

Type-C

USB jenis ini adalah yang terbaru, dengan bentuk lebih kecil serta bisa dibolak-balik. USB Type-C menjanjikan kecepatan transfer lebih tinggi dan punya daya yang lebih kuat ketimbang jenis USB sebelumnya. Saat ini, USB Type-C sudah mulai banyak digunakan untuk beberapa laptop dan sebagian kecil smartphone dan tablet terbaru.


Lightning


Lightning sebenarnya bukanlah standar USB, namun secara umum digunakan oleh Apple untuk konektor iPhone dan iPad. Ukurannya serupa dengan micro-USB dan hanya bisa digunakan oleh perangkat Apple yang diproduksi di atas bulan September 2012 lalu.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post