-->

Senin, 06 Maret 2017

[Video] Komputer 'AKUARIUM', Tren Unik Bikin Komputer Tambah Awet


Tamoranews.com - Sebuah komputer dekstop mayoritas mempunyai dua bagian utama, monitor dan CPU (central processing unit). CPU adalah tempat semua hardware pemrosesan data tersimpan, misalnya prosesor, RAM, dan kipas pendingin. Nah, bagaimana jadinya bila CPU ini terendam dalam cairan?

Sejak tahun 2014 lalu, muncul tren unik dimana pemilik komputer dekstop menenggelamkan CPU mereka ke dalam cairan, hingga mirip sebuah akuarium. Bukannya rusak, hal ini justru dianggap membuat komputer lebih awet. Bagaimana bisa?

Ternyata cairan yang dipakai untuk menenggelamkan CPU bukan cairan biasa, melainkan mineral oil. Mineral oil adalah cairan tidak berwarna dan berbau yang dibuat dari petroleum (bahan bensin). Cairan ini banyak digunakan untuk kosmetik.

Pada sebuah CPU yang tenggelam dalam mineral oil, proses perpindahan panas di komponennya lebih cepat hingga 5 kali lipat dibanding perpindahan panas melalui udara. Hal ini membuat CPU tidak cepat mengalami overheat yang kemudian memperpanjang umur si CPU itu sendiri.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post