-->

Rabu, 12 April 2017

Ini 6 Jenis Sambal Khas Nusantara

author photo

Tamoranews.com - Hampir semua masyarakat Indonesia suka dengan rasa pedas. Bahkan rasanya tak lengkap jika makan tanpa adanya sambal.

Tapi, tahukah Anda jika setiap daerah di Indonesia memiliki jenis sambal sendiri? Jika Anda hanya menikmati sambal terasi atau bawang, masih banyak lagi jenis sambal lainnya yang mungkin asing di telinga dan lidah kita. Nah, berikut aneka jenis sambal yang ada di Tanah Air.

Sambal Tumpang


Kabupaten Sragen, Jawa Tengah memiliki sambal yang unik dan digemari banyak orang. Namanya sambal tumpang. Uniknya sambal ini terbuat dari tempe yang hampir membusuk dan ditumbuk bersama cabai, santan, dan rempah-rempah lainnya.

Sambal Kaluku


Sambal kaluku berasal dari Ujung Pandang, Makassar, Sulawesi Selatan. Sedikit berbeda dari tampilan sambal pada umumnya. Sambal ini terbuat dari serutan kelapa parut, daging ikan gabus yang disuwir, campuran cabai, bawang, dan seledri.

Sambal Goang


Bagi masyarakat Tasikmalaya, Jawa Barat pasti sudah tidak asing lagi dengan sambal satu ini. Namanya sambal goang. Rasa sambal ini sangatlah enak, dengan tambahan bawang dan diolah dengan cara ulek kasar. Masyarakat di sana biasanya menyantap sambal dengan nasi tutuh oncom. Dijamin bikin nagih.

Sambal Embe


Beralih ke Bali. Di sini ada sambal yang khas dan memiliki sensasi pedas yang berbeda dibanding lainnya. Adalah sambal embe. Sambal yang biasa disajikan bersama lauk dan nasi hangat agar rasanya makin nikmat. Pernah coba?

Sambal Tuktuk

Tuktuk merupakan sambal dari Tapanuli Utara, Sumatera Utara. Bahannya tak jauh berbeda dengan sambal pada umumnya, tapi rasa gurih ikan aso-aso yang menyatu dengan cabai membuat rasanya makin nikmat.

Meski sederhana, sambal ini dianggap sebagai 'comfort food' masyarakat di sana. Bagaimana tidak, cukup disantap dengan nasi hangat rasa pedas gurihnya mampu membuat tubuh segar berkeringat.

Sambal Tempoyak


Mungkin ada beberapa dari Anda yang sudah tak asing lagi dengan jenis sambal satu ini. Sambal tempoyak adalah jenis sambal dari Sumatera Selatan. Buat yang belum tahu, jangan terkejut jika sambal ini dbuat dari daging buah durian yang telah difermentasi. Tapi nyatanya, banyak sekali yang bilang sambal ini enak banget. Mau coba?

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post