-->

Senin, 06 Februari 2017

Ternyata dari Sinilah Sejarah Nama Betawi Muncul

author photo

Tamoranews.com - Betawi umumnya dilihat sebagai suku bangsa di Indonesia yang penduduknya bertempat tinggal di Jakarta. Namun tahukah Anda dari manakah nama Betawi?

Laman Merdeka menjelaskan, nama Betawi punya banyak penafsiran. Salah satunya bermula dari cerita perang antar tentara Belanda melawan pribumi.

Saat perang berlangsung, tentara Belanda bersenjata lengkap menghalau warga pribumi yang ingin menduduki benteng Belanda. Namun serangan berhenti, karena persediaan senjata habis.

Pejuang pribumi lantas mengganti senjata mereka dengan kotoran manusia, hingga membuat serdadu Belanda terganggu dengan bau menyengat dan berkata 'bau tai'. Banyak yang meyakini kata itu adalah asal usul nama Betawi muncul.

Tapi pengertian itu salah besar. Konon cerita itu sengaja diciptakan dan disebarluaskan penjajah untuk meremehkan orang pribumi di Jakarta.

"Karena seperti yang kita tahu bersama, benteng hancur dengan meriam jika menggunakan logika lemparan paling cuma 50 meter paling jauh. Ada kesan orang kita dianggap bodoh kalau percaya gituan," kata Yahya Andi Saputra, seorang budayawan Betawi.

Selain itu, ada versi lain yang menceritakan asal mula kata Betawi. Nah inilah yang paling banyak dipercaya. Jadi konon ada tanaman bernama cassia glauca atau wiulingin Betawi alias ketenteng dalam bahasa Betawi.

Versi ini lebih dipercaya mengacu dari banyaknya nama jalan menggunakan nama pepohonan."Banyak nama jalan dari nama pohon kaya kebon nanas, kebon kacang karena itu saya berasumsi Betawi dari nama pohon," jelasnya.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post