-->

Kamis, 02 Maret 2017

Deretan Makanan Unik Asli Betawi

author photo
Tamoranews.com - Seiring berjalannya waktu, banyak makanan tradisional yang mulai terlupakan, bahkan terancam hilang. Misalnya saja makanan khas Betawi.

Makanan tradisional buatan suku yang tinggal di Jakarta tersebut, terkenal dengan keunikan rasa dan bentuknya. Bahkan saking uniknya, banyak makanan tradisional yang kemudian diinovasi agar tidak pernah punah.

Karena saking banyaknya inovasi itu, masyarakat kadang ada yang menganggap aneh, lucu, unik, bahkan menyeramkan. Dikutip dari Sportourism.id, berikut camilan Betawi yang unik.

Biji Ketapang


Biji ketapang merupakan kue kering yang digoreng. Biasanya selalu hadir meramaikan hari raya. Camilan satu ini terbuat dari kelapa parut dan santan. Rasanya gurih dan renyah saat digigit. Jangan lupa simpan di tempat yang tertutup rapat.

Kue Geplak


Namanya unik bukan? Tapi jangan khawatir soal rasa. Karena dijamin membuat Anda ketagihan. Sayangnya kue yang memiliki cita rasa manis ini sudah sangat sulit ditemukan.

Kue Cubit


Kue satu ini pasti sudah tidak asing lagi untuk Anda. Ya, kue mungil ini sudah banyak ditemui di tempat makanan dengan inovasi rasa yang berbeda-beda. Seperti green tea dan red velvet.

Kue ini akan terasa nikmat dengan taburan meises di atasnya. Paling enak lagi apabila dimakan saat baru diangkat dari loyang kue, apalagi jika masih setengah matang.

Nama kue cubit sendiri, karena pada saat mengambil kue tersebut seperti hendak mencubit bagian tengahnya.

Akar Kelapa


Kue akar kelapa adalah kue kering yang berasal dari Betawi dan sekitarnya. Kue ini umumnya disajikan bersama rengginang dan kacang goreng saat acara spesial, seperti ketika lebaran atau hajatan. Bekasi merupakan produsen terbesar akar kelapa, namun seiring dengan perkembangan zaman, kue ini tidak lagi diproduksi secara massal.

Nama "akar kelapa" diambil dari bentuknya yang mirip dengan akar kelapa. Rasa yang gurih dan manis merupakan daya tarik tambahan dari kue ini. Bagi daerah Betawi dan sekitarnya merupakan suatu kewajiban bahwa saat lebaran, kue tersebut harus selalu ada bersama dengan kacang goreng.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post